Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Tips Speech Contest Speaker Talent 2013

Marketing.co.id – Speaker Talent 2013 adalah wadah yang tepat bagi para mahasiswa untuk menguji kemampuan  dalam berbicara dan menjadi motivator di bidang marketing.

Ada beberapa tips bagi mereka yang mengikuti ajang Speech Contest  agar bisa tampil optimal. Tips ini disampaikan oleh Handyanto Widjojo, Head of Undergraduate Program in Management Faculty Member in Marketing and Business Entrepreneur Development Center STIE Prasetiya Mulya dan juga juri Speaker Talent 2013.

Berikut tips-nya:

  1. Persiapan dalam pengusaan bahan materi yang akan dipresentasikan. Dicontohkan ada anak yang pintar bicara, tapi dia kurang persiapan dalam pengusaan materi tersebut. Hal ini bisa mengurangi penilaian.
  2. Menguasai teori.  Coba dalami teorinya. Gali teori-teori yang berkaitan dengan ajang ini. Dengan begitu peserta dapat menguasai teori tersebut dengan baik.
  3.  Aplikasikan teori itu dalam hal praktis, khususnya pada kasus yang akan dibahas.
  4. Perhatikan cara penyampaian. Dalam cara penyampaian strukturnya seperti apa, sehingga para audien bisa diajak secara sistematis mengikuti dari awal sampai akhir. Dalam penyampaian ini contoh-contoh juga perlu untuk menarik audien, seperti contoh-contoh nyata.
  5. Memberikan ide-ide baru. Ide-ide itu muncul setelah materi yang disampaikan oleh juri. Ini salah satu nilai tambah bagi para peserta.
  6. Penggunaan bahasa yang baik. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Paling tidak menggunakan bahasa Indoensia pada tempatnya.

Dalam memberikan tips bagi para peserta Speech Contest ini, Handy menambahkan bahwa pengalaman memang sangat membantu, tapi persiapan yang baik dan matang akan berperan sangat penting dalam setiap perlombaan.

Banyak orang yang berpengalaman, tapi tidak mempersiapkan dengan matang dan bahkan meremehkan. “Saya kira akan kalah dengan orang yang benar-benar mempersiapkan dengan baik dan sungguh-sungguh,” ungkap Handy.

Untuk kategori Speech Contest  dalam Speaker Talent 2013 sudah memasuki babak final. Babak yang ditunggu-tunggu ini  akan dilangsungkan di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat, pada 28 Februari 2013 mendatang.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top