Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

[Ide Bisnis] Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Media Sosial?

menyelaraskan media sosial dan websiteMarketing.co.id – Berita UMKM | Sangat mengherankan jika hingga saat ini masih ada bisnis yang menganggap tidak penting media sosial (Medsos). Sebagian dari mereka  beralasan bahwa medsos itu tidak memberi nilai tambah yang signifikan bagi mereka.

Tapi lihatlah sekarang, pandangan-pandangan tersebut ternyata salah! Medsos kini menjadi sebuah alat yang sangat penting. Terlebih tahun ini medsos diprediksi akan semakin penting lagi.

WeAreSocial dan GlobalWebIndex melaporkan, 34% pengguna Internet berusia 16 – 64 tahun di Indonesia mengatakan bahwa mereka dapat terpapar merek dari iklan di medsos. Sementara, 32% lainnya mengklaim bahwa rekomendasi atau komentar di medsos mendorong keinginan mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang merek atau produk tertentu. Untuk itu, bisnis Anda harus memiliki kehadiran di medsos dan aktif.

Itu artinya, medsos adalah alat yang sangat penting untuk bisnis apapun. Bagi sebagian orang pengetahuan tentang medsos merupakan bagian yang mutlak yang tak terpisahkan dalam menjalankan bisnis.

Nah, Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan keuntungan dari popularitas medsos, berikut ide-ide bisnis potensial dari medsos yang dapat dimanfaatkan sesuai keahlian Anda untuk membangun bisnis.

 Konsultan media sosial

Gunakan kemampuan Anda tentang media sosial untuk membantu bisnis lain cara terbaik menggunakan media sosial demi pertumbuhan bisnis. Sebagai seorang konsultan, Anda akan membantu bisnis lain mengevaluasi rencana bisnis media sosial dan menentukan strategi terbaik yang akan digunakan di masa mendatang.

Manajer media sosial

Jika ingin melangkah lebih jauh, Anda bisa menawarkan diri untuk mengelola akun media sosial klien bisnis. Sehingga, klien tak harus repot-repot mengelola akun media sosial mereka.

Marketer media sosial

Selain akun pribadi, Anda mungkin juga bisa membuat akun lain di media sosial yang dapat digunakan untuk membantu memasarkan produk atau layanan untuk merek lain, baik secara berkelanjutan atau per posting.

Pedagang

Anda bisa menggunakan media sosial untuk menjual produk. Anda bisa membuat akun di eCommerce kemudian menghubungkannya ke situs media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Atau, Anda bisa memulai dengan membuat akun khusus dan mencantumkan produk untuk dijual langsung  di platform seperti Facebook dan Instagram.

Influencer

Jika Anda menghabiskan waktu untuk membangun pengikut pribadi di media sosial, Anda berpotensi dapat menggunakan akun pribadi Anda tersebut untuk bekerja sama dengan merek guna mempromosikan produk mereka dengan biaya tertentu.

Blogger

Di luar sana banyak sekali topik potensial yang dapat dimanfaatkan oleh Anda untuk membuat konten di Blog. Terlepas dari topik apa yang Anda pilih, media sosial kemungkinan besar akan menjadi bagian utama dari strategi yang Anda gunakan untuk meningkatkan audience atau pengunjung situs.

Videografer

Jika Anda memilih video sebagai format pilihan, Anda dapat membangun bisnis dengan menposting video ke media sosial YouTube dan menghasilkan uang dari pendapatan iklan. Anda juga bisa membangun bisnis dengan membantu pihak lain membuat video untuk diposting di YouTube atau platform media sosial lainnya.

Manajer komunitas

Anda dapat menawarkan jasa kepada perusahaan yang memiliki komunitas online yang besar dan membutuhkan seseorang untuk mengelola fitur komunitas di situs web dan media sosial mereka.

Marketer konten

Konten marketing adalah konsep pemasaran yang lebih besar yang dapat menyertakan media sosial bersama dengan beberapa aktivitas lainnya. Anda dapat menyediakan layanan konten marketing untuk bisnis, termasuk strategi atau manajemen media sosial bersama dengan fungsi lainnya.

Pakar strategi konten

Anda juga dapat melayani peran yang lebih terbatas dalam upaya konten marketing klien seperti hanya memberikan masukan tentang keputusan strategi terkait konten media sosial dan lainnya.

Konsultan marketing

Atau, Anda dapat memilih untuk membagikan keahlian Anda dalam peran yang lebih umum, sebagai konsultan marketing. Mungkin Anda akan membantu bisnis dengan sejumlah fungsi berbeda, tetapi media sosial hampir pasti akan menjadi pertimbangan yang sangat penting.

Desain grafis

Di banyak platform media sosial, termasuk Instagram, Facebook dan Twitter, grafik sangat penting. jadi, Anda dapat  memanfaatkan kemampuan Anda dalam desain grafis untuk membangun bisnis dengan menyediakan grafik khusus untuk digunakan bisnis sebagai bagian dari kampanye media sosial mereka.

eBook Author

jika memiliki pengetahuan khusus tentang media sosial, Anda dapat menulis eBook tentangnya. Kemudian, Anda dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan eBook tersebut dan menjualnya.

Pembuat kursus

Anda juga dapat membangun bisnis kursus online di media sosial untuk mengajari para pemilik bisnis atau profesional lainnya tentang berbagai aspek penting penggunaan media sosial.

Admin situs niche

Jika Anda menjalankan situs web untuk kelompk minat tertentu, hampir pasti Anda perlu memasukan media sosial sebagai bagian dari strategi untuk mempromosikan situs tersebut. Anda bahkan dapat mengintegrasikan beberapa fitur sosial langsung ke situs tersebut.

Streamer

Platform seperti Facabook Live, Instagram Live, YouTube  Live dan lainnya menawarkan cara untuk melakukan streaming konten video langsung ke audience. Jadi, jika Anda sedang membangun bisnis sebagai pembicara atau sebagai ahli di bidang Anda, Anda dapat menggunakan platform tersebut sebagai cara untuk berbagi keahlian secara online.

Spesialis periklanan dan pakar analitik

Banyak platform media soail yang menawarkan opsi periklanan. Jadi, Anda dapat membangun bisnis dengan membantu bisnis lain membuat iklan dan strategi periklanan untuk kampanye iklan media sosial mereka.  Selain iklan, analitik juga dapat memainkan peran penting dalam keberhasilan kampanye media sosial. So, Anda dapat membantu klien memahami data analitik mereka di media sosial.

Copywriter

Ada banyak peluang berbeda bagi penulis untuk berkontribusi bagi keberhasilan kampanye media sosial. Anda dapat menawarkan layanan kepada orang-orang yang membutuhkan konten untuk membuat postingan  atau iklan media sosial mereka.

Itulah beberapa ide bisnis dari media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang. Apakah Anda memiliki ide bisnis lain dari popularitas media sosial? Beritahu kami dalam kolom komentar!

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top