Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Tips Menulis Agar Lebih Menarik

writing-1[1]Atasan ingin Anda membuat tulisan tentang peletakan batu pertama yang ia lakukan, namun seperti yang Anda ketahui, itu terlihat membosankan, atau mungkin tidak sesuai dengan konten Anda. Untuk itu, Anda memerlukan beberapa tips menulis.

Membuat segala macam tulisan memang tugas Anda, tapi apakah tulisan yang tidak menarik harus dicantumkan juga?

Cari sisi yang lebih menarik.

Jika angle-nya dirasa kurang, coba putar sudut pandang Anda untuk menulisnya secara berbeda. Dengan demikian, atasan Anda akan senang karena keinginannya terpenuhi, begitu juga dengan khalayak.

Caranya:

     1.       Menyaring

“Situs berita harus sangat jelas mengenai apa yang perlu diterbitkan dan yang tidak,” ucap Jim Ylisela, head of Ragan Consulting.

Ylisela menjelaskan, sangat penting untuk membuat segala pedoman penulisan, seperti tips, berita yang terkait, segmen, juga termasuk gaya bahasa. Setelah semuanya jelas, biarkan perusahaan tahu mengenai rules dalam konten. Jadi Anda tak ragu untuk melakukan penyaringan, karena aturan mainnya sudah sangat jelas.

2.       Buat Editorial Plan

Membuat editorial plan sangat berguna untuk mengisi konten tiap harinya. Tak hanya itu, Editorial Plan juga membuat isi konten Anda lebih berkarakter dari waktu ke waktu.

Membuat update terbaru setiap hari sangat berguna untuk khalayak dalam menyerap informasi penting. Sementara membuat isi konten agar lebih berkarakter, dimaksudkan agar pembaca tidak lagi membaca posting-an yang sejenis setiap harinya. Hal tersebut juga merangsang rasa penasaran pembaca untuk meng-klik konten Anda.

3.       Ubah Tulisan untuk Siaran Pers

Ada banyak kemungkinan untuk mengambil tulisan yang menarik pada konten, namun jangan meng-copy paste. Mungkin di website terlihat sangat bagus, tapi tidak selalu demikian ketika sudah berubah jadi siaran pers. Apa lagi, bisa dibilang itu adalah tulisan second (sudah pernah terbit).

Ada baiknya Anda merombak ulang tulisan tersebut untuk membuat sebuah tulisan yang lebih menggigit supaya nampak berbeda.

4.       Lihat Kemajuan Anda

Melihat kemajuan tidak hanya akan mengembangkan kemampuan Anda secara pribadi, tapi juga melihat apakah konten yang Anda buat sudah cukup menarik atau tidak. Cara sederhananya, Anda dapat memantau tulisan apa yang menarik dan yang tidak.

Pertama Anda bisa melihat statistik website, kemudian memeriksa komentar di setiap tulisan, setelah itu Anda bisa melihat umpan balik (feedback) yang diberikan oleh para pembaca.

 

Sumber: Ragan.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top