Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Tips Menjadi PR Muda Profesional

fork-in-the-roadMasih sangat bersemangat dan penuh gairah menjadi alasan perusahaan lebih suka merekrut PR muda. Namun minimnya pengalaman membuat beberapa PR muda tidak dapat bekerja secara profesional.

Banyak kesalahpahaman yang terjadi di dalam pikiran para pekerja muda. Salah satunya adalah keyakinan bahwa usia melarang mereka untuk mendatangkan ide-ide yang berarti. Padahal kenyataannya tidak demikian, selalu ada ruang kreativitas di kepala tiap individu. Namun, penting untuk mengombinasikan antara kepercayaan diri dan kerendahan hati.

Ya, tegas dengan ide-ide Anda merupakan salah satu kunci keberhasilan. Tapi tetap dengarkan suara mereka yang lebih berpengalaman. Kemampuan ini memudahkan Anda untuk menjadi PR muda profesional.

Ada beberapa tips bagi Anda agar menjadi PR muda profesional, yaitu:

1.       Menetapkan tujuan yang jelas

Tetapkan tujuan karir dengan jelas. Ini akan memudahkan Anda dalam mengomunikasikan kebutuhan serta permintaan. Atasan juga jadi lebih mengetahui kemampuan dan posisi yang Anda inginkan, bukan tidak mungkin bila suatu saat Anda mendapatkan rekomendasi.

2.        Buat rencana

Membuat rencana agar tujuan karir Anda tercapai merupakan langkah yang penting. Setidaknya, pikirkan tentang kapan kira-kira Anda mencapai karir yang diinginkan, dan bagaimana prosesnya dari waktu ke waktu. Semua itu harus Anda perhitungkan.

3.       Menawarkan solusi

Banyak pekerja, terutama di dunia PR yang mengeluh tentang jenjang karir dan kenaikan gaji yang mandek. Sementara, mereka memang tidak pernah menawarkan satupun solusi, baik dari isu penting terkini hingga permasalahan yang berhubungan dengan perusahaan. Buatlah diri Anda bersinar dengan menawarkan solusi, dan perusahaan pasti tidak menutup mata.

4.       Mengakui kesalahan

Tak ada seorang pun karyawan yang tidak pernah melakukan kesalahan. Jadi penting untuk mengakui kesalahan, meminta maaf, mengklarifikasi, kemudian mengambil pelajaran dari hal tersebut. Hal ini akan membuat atasan Anda melihat tingkat kesadaran dalam diri Anda.

5.       Lindungi merek

Sebagai seorang PR, Anda wajib menyadari merek Anda sendiri dan melindunginya dengan menunjukkan integritas dalam semua komunikasi Anda, bahkan sampai menggunakan tata bahasa yang benar dalam email internal. Hindari pula membicarakan orang lain dan membahas topik yang menyangkut tentang politik internal.

Cara paling efektif untuk memajukan karir dan mencapai tujuan pribadi Anda adalah dengan memberdayakan diri sendiri melalui advokasi untuk kesuksesan Anda sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top