Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Manfaat VPN Pribadi untuk Melindungi Privasi

Marketing.co.id – Lonjakan kegiatan WFH baru-baru ini juga disertai dengan peningkatan dalam penggunaan VPN perusahaan (jaringan pribadi virtual) atau VPN pribadi.

Berdasarkan data dari Disnakertrans DKI Jakarta per 28 April 2020, ada 3.893 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 1.053.073 orang tercatat telah melakukan kegiatan bekerja dari rumah.

Semakin banyak karyawan yang biasanya terhubung di kantor mengakses dokumen dan situs tertentu yang mungkin bersifat rahasia menggunakan jaringan yang dilindungi, kini menggunakan VPN perusahaan dan VPN pribadi melakukan fungsi yang sama.

Fungsi VPN mengenkripsi (atau mengacak) data ketika terhubung ke Internet dan memungkinkan untuk bekerja dengan mengetahui kredensial dan data anda terlindungi.

Menurut data dari McAfee study, 61% IT professional setidaknya pernah melaporkan satu kasus dalam karirnya tentang pencurian data perusahaan yang dilakukan oleh peretas atau aktivis digital.

Pelajari cara menavigasi lanskap digital yang berubah ini dengan kiat-kiat VPN berikut:

  • VPN mana yang harus saya pilih? Tidak semua VPN dibuat sama! Pastikan layanan yang sesuai dan memenuhi kebutuhan Anda
  • Browser vs Desktop / Mobile

VPN untuk browser bertindak sebagai ekstensi dan hanya akan membantu melindungi lalu lintas web di browser tertentu dimana ia diinstal. Meskipun tingkat privasi ini dapat bekerja untuk beberapa pengguna, VPN perangkat seperti McAfee® Safe Connect secara umum dapat membantu melindungi lalu lintas web terlepas dari apa browser atau aplikasi yang digunakan.

  • Tingkat Keamanan

Penting untuk meninjau setiap persyaratan privasi layanan sebelum memutuskan mana yang akan digunakan sebagai gateway terpercaya. Beberapa layanan VPN, terutama yang gratis, menerapkan pelacak yang mereka minformasi demografis, lokasi, dan sistem pengguna. Terkadang anda dapat merujuk ke audit keamanan pihak ketiga untuk membantu memvalidasi klaim privasi ini.

  • Bandwidth

Tergantung pada seberapa sering anda berencana menggunakan VPN, anda dapat mempertimbangkan mencari layanan yang memiliki paket data terbatas atau tidak terbatas. Jika anda berencana untuk menggunakan multimedia seperti streaming video atau mengunduh file besar, paket tak terbatas dapat bekerja lebih baik untuk Anda.

  • Variasi Lokasi

Untuk penggunaan umum, disarankan untuk membiarkan VPN anda terhubung kelokasi server terdekat dan tercepat. Tetapi, memiliki daftar negara yang beragam untuk dipilih akan memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar jika server terasa lebih lambat di salah satu lokasi tertentu.

  • Kemudahan Untuk Pengguna

Pada akhirnya, anda disarankan untuk memilih VPN yang paling mudah digunakan dan dipahami. Kita semua memulai perjalanan digital dari berbagai tempat kenyamanan teknis, tetapi pertimbangkan mulai dengan produk yang menawarkan pengalaman yang mudah digunakan dan disederhanakan untuk kenyamanan pengguna.

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top