Tips Marketing Jitu Menjangkau Generasi X

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Jika sedang mencoba memasarkan sebuah produk kepada orang dewasa yang sekarang berada di usia tiga puluhan, Anda perlu memahami metode terbaik untuk menjangkau generasi X (Gen x).

marketing to gen x
Foto: Timpeter.com

Pertanyaannya adalah siapa Gen X itu? Dikutip PowerHomeBiz, Gen X adalah mereka yang lahir antara 1965-1976. Kelompok ini biasanya dikenal independen (mandiri) dan skeptis. Kelompok ini juga memosisikan dirinya sebagai konsumen yang mulai berkeluarga dan membeli rumah.

Gen X dibesarkan di tengah resesi. Akibatnya, cara kelompok ini mengonsumsi media juga berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sehingga berkomunikasi dengan mereka melalui traditional marketing mungkin sulit.

Lalu, bagaimana menjangkau kolompok ini, menyampaikan pesan dan membuat mereka mengambil tindakan dari pesan tersebut? Jawabannya lebih mudah dari yang Anda kira. Kombinasi online marketing dan direct mail merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menjangkau mereka.

Ada beberapa praktik dasar marketing yang harus diperhatikan untuk menjangkau Gen X melalui direct mail. Perlu diingat bahwa upaya direct mail dapat dilengkapi dengan online marketing, seperti membeli kata kunci, atau memberi alasan konsumen untuk mengunjungi situs Anda, seperti kontes, undian, diskon, dan lainnya.

Direct mail bisa menjadi cara yang paling efektif jika Anda memahami audiens, waktu yang tepat untuk kampanye, memberikan penawaran menarik, dan mengembangkan pesan yang relevan.

Audiens

Mengetahui audiens dengan baik sangat penting demi keberhasilan kampanye direct marketing. Anda harus tahu apa yang memotivasi mereka, apa kebutuhan laten mereka, dan apa produk atau solusi yang mereka gunakan. Setelah mengetahui lebih mendalam tentang audiens Anda, kriteria lainnya dari marketing dapat Anda padukan.

Timing

Agar upaya marketing Anda berhasil, pesan harus disampaikan pada waktu yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki pemahaman tentang timeline audiens Anda. Ketika mereka berada di pasar, pastikan Anda menjangkau mereka dengan waktu yang cukup (tidak bertele-tele) untuk menanggapi penawaran Anda.

Penawaran

Tidak sedikit konsumen yang perlu alasan untuk membeli, terutama Gen X yang biasanya skeptis. Penawaran Anda harus menyediakan beberapa keuntungan sekaligus memberikan kenyamanan kepada mereka agar membeli.

Salah satu teknik yang hebat adalah dengan menempatkan penawaran di luar amplop yang berisikan materi marketing Anda. Hal ini dapat membedakan surat Anda dan memungkinkan calon pelanggan membuka amplop.

Pesan

Pesan yang disampaikan perlu beresonansi dengan calon pembeli. Apakah Anda mengerti kebutuhan mereka, mengomunikasikan manfaat serta fitur, mengatasi masalah mereka, dan menyajikan pesan dengan sederhana namun menarik. Lebih penting lagi, pastikan menguji pesan secara berkesinambungan.

Jika Anda memasarkan produk atau jasa ke Gen X, gunakan direct mail dalam marketing mix Anda. Pasalnya, individu dalam kelompok ini merespon direct mail.

Namun yang perlu diingat adalah direct mail harus dilengkapi dengan bentuk-bentuk lain dari marketing – seperti internet marketing, Search Engine optimization, iklan dan lainnya.

Editor: Wahid

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here