Tips Marketing: Agar Situs Anda Meraih Trafik Tinggi Saat Harbolnas

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing – Di penghujung tahun 2019 adalah saat yang paling dinanti-nanti para penggemar shopping online hampir diseluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah para pelaku ecommerce yang ikut berpartisipasi dalam pesta belanja online dengan menawarkan promo, dan diskon hebat.

Pesta belanja online ini akan hadir di waktu yang berbeda, beberapa di antaranya dikenal dengan sebutan Black Friday yang digelar pada 29 November 2019, Cyber Monday pada 25 November 2019 dan yang paling terkenal di Indonesia adalah Harbolnas yang akan digelar pada 12 Desember 2019.

Pesta belanja online tersebut memberikan peluang bisnis yang positif bagi para pelaku ecommerce untuk mempromosikan produk-produk mereka kepada calon pembeli dengan skala besar. Untuk memaksimalkan peluang bisnis saat pesta belanja online yang akan diselenggarakan di penghujung tahun, CupoNation mengumpulkan tips penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku ecommerce.

Informasikan program diskon jauh-jauh hari

Mulailah untuk mempromosikan program diskon yang ditawarkan jauh sebelum pesta belanja online dimulai. Besar kemungkinan para pemburu diskon telah mencari tahu tentang pesta belanja online Harbolnas jauh sebelum event dimulai. Oleh karena itu, mulailah berinteraksi dengan calon pembeli agar mereka dapat mengikuti diskon dan penawaran yang diberikan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti membuat landing page campaign khusus pesta belanja online, mengoptimalkan beberapa channel seperti sosial media dan email marketing.

Optimalkan SEO-friendly pada website

Webstore harus mampu mendatangkan trafik pengunjung agar penjualan dapat berjalan dengan baik. SEO atau Search Engine Optimization merupakan kunci untuk mendatangkan pengunjung ke sebuah website. Oleh karena itu mengoptimalkan SEO yang sesuai dengan produk yang dipasarkan adalah langkah penting untuk dapat menarik pengunjung yang tepat masuk ke dalam webshop anda.

Gunakan perangkat SEO yang mampu membantu anda mendapatkan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi. Selanjutnya masukan kata kunci SEO yang tepat untuk membantu webshop agar berhasil ranking di Google.

Optimalkan situs web selular

Jumlah kunjungan toko online di Indonesia didominasi oleh pengunjung yang mengakses website melalui mobile atau smartphone. Oleh sebab itu, membuat laman yang dapat diakses dengan mudah  melalui smartphone atau mobile merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku ecommerce.

Untuk memastikan jika situs web telah di design mobile friendly, para pelaku ecommerce dapat melakukan tes melalui Google’s mobile friendly. Disamping itu, jika situs web belum sepenuhnya dioptimalkan, maka pelaku ecommerce dapat mengikuti guideline dan tips dari panduan developer untuk mengoptimalkan webshop, seperti desain responsif, kecepatan halaman, dll.

Mempertimbangkan afiliasi marketing

Untuk memperluas jangkauan pelanggan dan menambah sumber trafik pengunjung ke webshop anda, penggunaan jasa afiliasi marketing selama pesta belanja online dapat menjadi salah satu cara yang perlu di pertimbangkan. Situs berhemat dan informatif merupakan salah satu website yang banyak diburu para online shopper, karena situs ini selalu memetakan semua penawaran yang tersedia, khususnya pada saat pesta belanja online Harbolnas. Disamping itu, afiliasi marketing mampu mengirim seratus bahkan ribuan pengunjung tambahan ke webshop Anda melalui pengalaman, kreativitas, situs web, dan marketing email yang dipromosikan.

Saat menggunakan jasa afiliasi marketing, pastikan komunikasi terjalin dengan baik dan data yang diperlukan dapat diberikan tepat waktu. Agar semakin banyak trafik yang masuk ke dalam webshop anda, biasanya afiliasi marketing memerlukan beberapa pemicu seperti kode diskon, cashback, pengiriman gratis, dan sebagainya.

Mengoptimalkan performa database dan bandwith

Saat puncak perayaan pesta belanja online, website peritel diprediksi akan banjir pengunjung. Agar website anda terus aktif dan memiliki akses yang lancar saat jumlah visitor memuncak, maka pelaku ecommerce dianjurkan untuk meningkatkan bandwith dan memilih kapasitas database yang besar.

Selain itu, pelaku ecommerce juga dianjurkan untuk memanfaatkan CDN (Content Delivery Network) demi meningkatkan kecepatan website saat diakses oleh pengunjung. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi calon pembeli untuk mengakses website peritel dan memberi kelancaran bagi para pelaku ecommerce untuk berpartisipasi dalam pesta belanja online.

Di atas adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi para pelaku ecommerce agar dapat optimal dalam menarik pengunjung untuk berbelanja saat pekan Harbolnas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here