Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Tips Kampanye Seasonal Marketing yang Sukses

ilustrasi seasonal marketingSebentar lagi kita akan mengadapi Imlek dan Valentine. Salah satu strategi meningkatkan penjualan adalah dengan menjalankan seasonal integrated campaign.

Hampir semua toko – baik B2C atau B2B – menjual produk atau jasa mereka dengan memanfaatkan musim liburan, tahun baru, dan sebagainya.

Nah, di sini kita akan membahas manfaat dari perencanaan terpadu di awal dengan manganalisa target pasar, tujuan kampanye, dan semua persiapan yang diperlukan agar berhasil.

Barang Dagangan

Apapun barang yang dijual, pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan apa yang akan Anda tawarkan, item apa yang akan dipajang, barang apa yang cocok, bisakah Anda mendapatkan sampel barang lebih awal untuk membuat deskripsi produk, apakah Anda memiliki uang cukup untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar d ari supplier untuk menghindari risiko kehabisan stok

Intinya, buatlah perencanaan beberapa bulan sebelumnya. Jika ingin menjalankan kampanye musiman (seasonal campaign) untuk bulan Agustus, mungkin Anda harus mulai membuat perencanaan di bulan April.

Ketika memesan barang, pertimbangkan dampak permintaan dari kampanye pemasaran terpadu (integrated marketing campaign) yang Anda jalankan. Nah, jika Anda memiliki sejarah sukses dengan produk tertentu, pastikan pemesanannya cukup.

Kampanye pemasaran

Kelebihan toko e-commerce besar adalah mereka melakukan kampanye pemasaran. Sulit bagi e-commerce kecil merencanakan dan menjalankan kampanye pemasaran di berbagai platform media. Tapi Anda bisa mengeksekusinya melalui situs web milik Anda seniri.

Kampanye pemasaran terpadu (integrated marketing campaign) berarti Anda membuat tema promosi, dan kemudian melaksanakan branding, messaging, iklan, dan promosi produk pada berbagai platform selama jangka waktu tertentu.

Itu mungkin terlihat mahal, namun Anda akan mendapatkan dorongan penjualan. Anda mungkin akan melihat aliran pendapatan yang lebih stabil dan benar-benar membangun penjualan berulang. Selain itu, Anda juga dapat memperkuat brand image.

Berikut beberapa elemen dalam integrated marketing – kapan dan bagaimana Anda membuat rencana kampanye untuk target dan kiriman. Pastikan kampanye Anda tetap segar dengan konsep-konsep dan produk yang ditampilkan selalu baru:

  • Buat tema dan pesan. Tema bisa jadi gaya busana, desain tertentu, nilai, atau warna. Gunakan cara yang sedikit berbeda, mungkin Anda memperkenalkan Valentine, Imlek, dan hari besar lainnya.
  • Banner promosi. Buatlah banner promosi dalam banyak ukuran untuk memperkuat tema, jangan lupa sertakan beberapa gambar produk. Ini bukan tentang spanduk jualan, tapi memperkuat tema.
  • Benner penjualan. Buatlah banner penjualan tertentu. Gunakan barang-barang khusus atau diskon.
  • Buat laman kategori di situs. Buatkan satu kategori dalam situs Anda atau kategori baru dengan membuatkan subkategori. Hal itu tergantung dari jumlah item yang disertakan.
  • Laman arahan. Buatlah laman arahan untuk kampanye email dan kampanye pay-per-click (PPC). Buatlah sebanyak mungkin laman arahan agar Anda dapat menguji mana yang paling efektif.
  • Kampanye PPC (Pay-per-Click). Konsumen menyukai barang baru dan mereka senang dengan kampanye pintar. Pastikan kampanye Anda berada di laman yang tepat sesuai dengan kata kunci dan iklan yang digunakan.
  • Kampanye iklan. Mulailah dengan email pengantar guna menentukan produk apa yang populer. Lalu, kembali dengan satu atau dua promosi pada item-item populer. Buatkan penwaran khusus pagi pelanggan tetap.
  • Acara obral. Sertakan acara obral untuk item baru atau item baru yang dikombinasikan dengan item lainnya.
  • Putar banner promosi. Perbaharui banner promosi Anda, lakukan ini di website – dari produk umum ke produk tertentu yang lebih menjual.
  • Social media campaign. Jalankan kampanye media sosial. Posting pengenalan produk baru serta kemajuannya, kirim gambar dari penjual terbaik ke dinding Facebook, jalankan iklan di Facebook yang menargetkan pelanggan tertentu, tweet berbagai acara promosi dan tuliskan tentang kemajuan Anda di blog.
  • Menargetkan situs kaya konten. Jika Anda memiliki situs media yang kaya konten, buatlah beberapa spanduk di sana. Singkatnya, sebarkan pesan brand Anda di mana saja.
  • Mengukur kemajuan. Ukur kemajuan Anda dengan menganalisa dari mana lalu lintas dan penjualan berasal. Tingkatkan anggaran pada lalu lintas tersebut.

Kuncinya adalah tingkatkan branding dan pesan yang sama di banyak platform. Kelola investasi pemasaran dan membatasinya pada hal-hal yang benar-benar bekerja saja.

Sumber daya

Pertama dan terpenting adalah Anda membutuhkan desainer grafis untuk menciptakan berbagai spanduk. Kedua, berinvestasilah dalam iklan PPC. Pastikan Anda memperkuat iklan PPC di laman arahan.

Editor: Sekar Ayu | Sumber PE

Click to comment

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top