Tips UMKM: Cara Gunakan Instagram Reels untuk Tingkatkan Performa Bisnis

Instagram Reels, sumber Businessinsider.com

Marketing.co.id – Berita UMKM | Sejak pertama kali diluncurkan hampir satu tahun lalu, Instagram Reels sukses memikat banyak penggunanya, khususnya dimasa pandemi di mana media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat global.
Melalui media sosial, individu maupun komunitas dapat terus terkoneksi di mana pun mereka berada. Selain TikTok, Instagram Reels juga mengalami peningkatan pengguna dan hadir untuk melengkapi pilihan konten hiburan selagi di rumah.
Instagram Reels adalah fitur video terbaru dari Instagram yang memungkinkan pengguna membuat konten selama 15 hingga 60 detik dan dapat diatur sesuai keinginan seperti penambahan musik, stiker, dan juga teks. Selain itu, juga ada pilihan untuk menambahkan video yang sudah direkam terlebih dahulu dari perangkat Anda. Pada dasarnya cara kerja Instagram Reels mirip dengan TikTok.
Baca Juga: 4 Fitur Utama IG Reels Yang Wajib Marketers Ketahui
Berbicara mengenai hal ini, Country Manager Zilingo Indonesia Melina Marpaung mengatakan, penggunaan media sosial sudah menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan brand awareness dan reach sebuah produk. Saat ini para pelaku usaha sudah memiliki banyak sekali pilihan dalam memasarkan produknya secara digital, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Instagram reels yang berperan dalam strategi pemasaran digital.
“Instagram Reels adalah salah satu cara untuk membangun komunitas dan mengembangkan jangkauan audiens Anda di Instagram. Melalui algoritma yang unik, fitur ini sangatlah menarik untuk menarik audiens Anda. Kami siap melayani brand dan bisnis apa pun untuk menciptakan konten media sosial yang kreatif dan sesuai dengan target pasar,” ujarnya.
Lalu, bagaimana cara menggunakan Instagram Reels untuk meningkatkan performa bisnis?
Bagikan konten edutainment
Konten Edutainment (education entertainment) merupakan cara yang bagus untuk memulai di Reels. Konten-konten edutainment seperti “5 rutinitas perawatan kulit” atau “3 rahasia dalam mix & match kain batik” hingga “cara membuat photo terbaik untuk produk Anda”.
Banyak hal baru dan ringan yang dapat dibagikan kepada pengikut Anda yang dapat membantu mereka mempelajari keterampilan baru. “Dari segi bisnis, konten edutainment dapat membantu memposisikan Anda sebagai ahli dalam topik tersebut dalam komunitas Anda,” kata Melina.
Bagikan Konten BTS (Behind The Scene)
Konten BTS atau di balik layar membantu pengikut memahami lebih dalam tentang brand dan mengapa produk tersebut diproduksi untuk audiens Anda. Khususnya bagi para UMKM, konten seperti ini membantu membentuk kepribadian bisnis, mendapatkan kepercayaan dan juga membangun hubungan yang lebih personal dengan para pengikut.
“Melalui Instagram Reels, UMKM dapat menunjukkan kepribadiannya dan menciptakan hubungan yang lebih tulus kepada para audiens, salah satunya adalah dengan tur singkat di balik layer,” tambah Melina.
Bagaimana produk dibuat? Seperti apa keseharian dalam bisnis Anda? Mungkin Anda telah menerima pesanan atau produk baru yang dapat Anda ubah menjadi semacam video unboxing? Konten BTS tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda telah menyisihkan waktu untuk melibatkan audiens dalam bisnis.
Tampilkan Produk Otentik Anda
Instagram Reels adalah peluang besar bagi merek dan bisnis yang ingin mendorong awareness dan penjualan tentunya. Anda dapat mempromosikan produk dan menandainya secara langsung.
Tampilan video produk yang dapat dibeli pelanggan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan traffic ke IG Shop. Selain itu, Anda juga dapat mengumumkan promo khusus di Instagram Reels. Beberapa merek besar telah menggunakan metode ini dan terbukti meningkatkan engagement mereka.
Melalui Instagram Reels, cobalah untuk mempertahankan keotentikan brand atau bisnis Anda. Fokus pada orisinalitas dan kreativitas, bukan hanya kualitas video. Banyak hal yang dapat dikembangkan menggunakan fitur ini di Instagram, bisa menampilkan staf atau menghidupkan aspek menarik dari bisnis Anda melalui musik dan gerak.
Itulah Cara Menggunakan Instagram Reels untuk Meningkatkan Performa Bisnis Anda. Mulailah membangun engagement di Instagram Reels!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.