Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Tips Dunia Kerja: Berikan Solusi, Bukan Hanya Masalah!

www.marketing.co.id – “Berikan solusi, bukan hanya masalah!”, diucapkan uwa (paman – Sunda) saya saat kami sedang berdiskusi mengenai dunia kerja. Kebetulan uwa saya adalah salah pemilik usaha penerbitan di wilayah Pulogadung yang sudah berusia hampir 30 tahun. Karenanya, saya kadang berdiskusi dengannya dalam hal-hal yang berhubungan dengan bisnis dan pekerjaan.

pic source: archdaily.com; Dunia kerja

pic source: archdaily.com; Dunia kerja

Kenyataannya, ucapan tersebut tidak hanya disampaikan oleh uwa saya. Manajer tempat saya bekerja pertama kali setelah lulus kuliah juga menyampaikan hal yang sama. Managing Director Grup Marketing, Bapak Suhartono Chandra, telah menyampaikan hal serupa kepada saya. Kenapa memberikan solusi, bukan hanya masalah adalah salah satu tips dunia kerja yang sangat penting? Berikut ini penjabarannya.

Mengapa memberikan solusi, bukan hanya masalah adalah sikap yang penting di dunia kerja?

1.       Anda adalah pekerja berpengetahuan, terdidik dan terampil

Apakah Anda memiliki pengalaman yang mendalam terhadap suatu pekerjaan profesional? Berarti Anda masuk dalam kategori pekerja berpengetahuan. Apakah Anda merasa memiliki pendidikan tinggi? Jika ya, berarti Anda masuk kategori pekerja terdidik. Apakah Anda memiliki kemampuan di dalam suatu bidang secara spesifik? Jika ya, berarti Anda masuk dalam kategori pekerja terampil.

Nah, berikan nilai tambah Anda, tunjukkan bahwa Anda layak masuk kategori pekerja berpengetahuan, terdidik dan terampil dengan memberikan solusi-solusi yang memungkinkan saat organisasi tempat Anda berada sedang mengalami suatu masalah.

2.       Anda bukan budak

Anda mau jika pekerjaan sehari-hari hanya disuruh-suruh, sekedar menunggu perintah dan diperlakukan layaknya budak? Jelas saya menolak. Perlakuan seperti itu jelas terlalu merendahkan kemampuan otak, pengalaman dan harga diri saya.

Jadi, buktikan bahwa Anda memang memiliki otak, kemampuan, dan harga diri yang layak diperhitungkan dengan tidak sekedar meminta hak, tidak sekedar menyodorkan masalah, tetapi juga ikut memberikan masukan dan solusi terhadap masalah tersebut.

3.       Pemimpin bukan dewa

Pemimpin bukan Tuhan yang mampu menyelesaikan segala masalah. Itu sebabnya Anda dijadikan bagian dari organisasi, yaitu untuk ikut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah. Antara lain dengan memberikan beberapa solusi terhadap suatu permasalah, kemudian dipilih jawaban terbaik secara musyawarah untuk mufakat.

Nah, sekarang saatnya kita mengaplikasikan ilmu yang sudah kita baca dan pelajari. Yuk! (Andika Priyandana – Chief Editor Marketing.co.id)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top