Tips Bisnis UKM: Mengubah Pengunjung menjadi Pelanggan

tips bisnis UKM Bagaimana Mengubah Pengunjung menjadi PelangganDewasa ini, internet telah menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk memengaruhi pelanggan dan memasarkan bisnis tanpa peduli seberapa besar skala bisnis dan seberapa luas pelanggan yang ingin dijangkau.

Pelanggan mengandalkan internet tidak hanya untuk mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi atau bisnis mereka, tetapi juga untuk melakukan transaksi online dengan nyaman baik dari rumah maupun kantor.

Di Indonesia sendiri, sekitar 68,7% dari 88,1 juta pengguna internet mengakses internet untuk mencari informasi. Hanya 11% pengguna internet yang mengakses internet untuk melakukan belanja online.

Memang tidak semua orang yang melakukan pencarian di internet punya tujuan mencari tahu informasi tentang barang dan jasa. Namun begitu, pebisnis tetap memiliki peluang untuk menarik pengunjung ke website dan membuat mereka melakukan pembelian. Dengan kata lain, pebisnis bisa mengubah mereka dari sekadar pengunjung menjadi pelanggan.

Lantas, bagaimana cara mengonversi klik menjadi penjualan atau mengubah pengunjung menjadi pelanggan? Berikut tip-tip jitu dari Verisign.

Sajikan informasi yang berlimpah namun tetap relevan

Menyajikan informasi tentang fitur-fitur produk atau layanan yang paling menarik dan unik akan membantu pebisnis berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Berikut beberapa tip praktisnya:

  • Jangan penuhi beranda Anda dengan hal-hal yang tidak penting.

  • Sampaikan pesan kunci Anda dengan jelas menggunakan kata sesedikit mungkin.

  • Gunakan penjelasan yang ringkas, subjudul, poin-poin, dan paragraf pendek.

  • Gunakan format standar satu kolom agar lebih mudah dibaca.

Pastikan website mudah untuk digunakan

Penting bagi pebisnis untuk memastikan bahwa website mereka mudah digunakan. Menu dan navigasi pada website harus dibuat semudah mungkin, menyajikan semua informasi yang dibutuhkan pelanggan sesederhana mungkin dengan hanya beberapa klik.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuat header image di beranda berupa hyperlink yang bisa mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu dari sebuah website. Misalnya, jika Anda memiliki situs pemesanan tiket pesawat, Anda bisa membuat header image berisi informasi penting tentang penawaran yang diberikan.

Gambar tersebut dapat terhubung langsung ke halaman pemesanan. Ketika diklik, pelanggan akan dibawa ke laman di mana mereka bisa mendapatkan semua rincian informasi tentang penawaran dan melakukan pemesanan tiket hanya dengan beberapa langkah mudah.

Less is more adalah aturan utama dalam berjualan online. Ini berarti semakin sedikit pelanggan harus melakukan klik, maka akan lebih baik.

Bangun kepercayaan dan tingkatkan keamanan

Menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online bisa menjadi sebuah tantangan. Dalam dunia online, website akan mewakili Anda bercerita kepada pelanggan. Oleh karena itu, menunjukkan kredibilitas dan kapabilitas dalam website akan membantu menimbulkan kepercayaan pengunjung.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis penginapan, maka website Anda dapat menunjukkan kamar yang ditawarkan melalui galeri. Website juga dapat memiliki halaman “tentang kami” yang menjelaskan semua aspek bisnis, berisi informasi mengenai layanan yang ditawarkan, serta menampilkan ulasan dari media dan klien. Dengan demikian orang-orang yang mengunjungi website akan tahu sebanyak mungkin tentang penginapan tersebut dan dapat menilai kredibilitas Anda.

Jika website Anda menawarkan pilihan belanja online, maka penting untuk membuat pelanggan percaya bahwa mereka dapat dengan aman melakukan transaksi di website Anda. Kepercayaan ini dapat dibangun dengan menggunakan sistem pembayaran yang terbukti aman.

Anda juga bisa menaruh umpan balik dan review dari pelanggan di website. Hal ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui transparansi dan keterlibatan pelanggan.

Memilih nama domain yang tepat dapat membantu kesuksesan bisnis online

Langkah awal penting untuk menjalankan bisnis di internet adalah dengan memilih dan mendaftarkan nama domain (alamat web). Nama domain dapat digunakan untuk mewakili brand dan identitas perusahaan di internet.

Untuk membantu meningkatkan visibilitas dan membangun brand secara online, pilihlah nama domain yang bermakna dan daftarkan sesegera mungkin.

Dengan sedikit perencanaan yang strategis, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Ketika Anda sudah bekerja keras menarik orang-orang mengunjungi website, apa yang lebih penting daripada mengubah mereka dari hanya sekadar pengunjung menjadi pelanggan?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.