Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Tips Agar Merek Anda Dipublikasi

Tips Agar Merek Anda di DipublikasiPenting untuk membuat merek bisa tampil di media. Bukannya beriklan, melainkan diliput. Meski sama-sama tampil di media, namun antara iklan dan menjadi bahan liputan media sangat berbeda.

Iklan mungkin bisa memperkenalkan merek Anda, orang jadi banyak yang tahu. Tapi publikasi, bukan hanya memperkenalkan merek, tapi juga membuat orang penasaran pada  keberadaan sebuah merek, karena ditulis dengan lebih objektif.

Tapi tentu saja tidak mudah untuk membuat merek Anda bisa diberitakan.  Berikut adalah tipsnya, khususnya untuk para PR.

1. Lihat tulisan wartawan

Anda bebas menentukan apakah Anda ingin merek Anda tampil di majalah fashion, lifestyle, kuliner, atau masuk ke komunitas? Namun sebelum itu, pahami gaya tulisan serta pembahasan dari masing-masing media., Setiap media memiliki karakternya sendiri-sendiri, untuk itu Anda perlu memahami keinginan mereka sebelum melemparkan press release.

2. To the point

Email yang akan Anda sebarkan bukanlah surat permohonan resmi atau surat cinta kepada pasangan, jadi jangan bertele-tele. Gunakan kalimat kuat pada paragraf awal, kalimat yang menarik, dan mewakili isi rilis Anda.

Jika ada beberapa penjelasan, pemberian nomor atau bulleting sangat disarankan untuk memudahkan pembaca rilis Anda.

3. Mudahkan Media

Tahukah Anda bahwa media memiliki jaringan yang baik dengan awak media lain? Jadi jangan persulit mereka, atau mereka akan sulit membantu  jika suatu saat Anda membutuhkan publikasi.

Anda bisa menjadi pribadi yang fleksibel untuk membantu wartawan mendapatkan cerita yang diinginkan, atau memberikan solusi dari pertanyaan yang diutarakan. Pemberitaan media nyaris tidak akan pernah merugikan, kecuali jika memang ada kesalahan dari merek Anda.

4. Berhubungan baik

Entah ia wartawan senior atau amatir sekalipun, jangan sekali-kali untuk meremehkan mereka. Usahakan agar Anda dapat menjaga hubungan baik dengan para wartawan. Wartawan senior bisa merekomendasikan diri atau merek Anda kepada wartawan lain, sedangkan yang junior, suatu saat bisa menghubungi Anda lagi bahkan menjadi channel yang baik.

Tidak terlalu sulit untuk membina hubungan dengan awak media, Anda bisa mengirimkan email terima kasih kepada wartawan yang telah meluangkan waktunya. Dan tentu saja keep contact.

Banyak orang yang meremehkan media kecil atau mempersulit media lain ketika akan melakukan peliputan. Tapi lebih baik jangan lakukan hal ini, karena Anda tidak pernah tahu dampak apa saja yang bisa terjadi. Entah dari segi hubungan, atau peningkatan jumlah calon pelanggan potensial.

http://www.prdaily.com/Main/Articles/15900.aspx

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top