Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Tingkatkan SDM Pariwisata, Kemenpar Kucurkan Rp130 Miliar

Marketingcoid – Peran sumber daya manusia (SDM) dalam pengembangan pariwisata menjadi faktor yang paling penting karena sangat menentukan kepuasan wisatawan. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata mengucurkan Rp130 miliar untuk program pengembangan SDM yang termasuk di dalamnya pelatihan di bidang pariwisata dan sertifikasi profesi.

“Kita arahkan ke pelatihan kompetensi. Jadi, untuk gerakan sadar wisata nggak boleh. Kompetensi itu kepada karyawan atau industri yang membutuhkan seperti pemandu wisata gunung, geopark, wisata paralayang,” kata Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan Wisnu Bawa Tarunajaya di sela-sela acara konferensi dan pameran industri perhotelan dan pariwisata The Hotel Week, Sabtu (10/11).

Wisnu mengatakan, melalui anggaran ini Kemenpar juga mengadakan pelatihan Sadar Wisata untuk provinsi-provinsi yang perkembangan wisatanya belum pesat.

“Aktivitasnya kita memberikan pemahaman ke masyarakat luas. Mulai dari sederhana, seperti melayani, apa itu Teori dan Konsep Pariwisata: Sapta Pesona, bagaimana memposisikan diri kalau ada turis,” ujarnya.

Pelatihan ini, ujarnya menyasar hotel-hotel kecil, termasuk didalamnya homestay. “Kita arahkan untuk aktivitas-aktivitas berbasis masyarakat,” kata Wisnu.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah mengatakan untuk mendorong peningkatan kualitas SDM dibidang pariwisata, diperlukan kerja sama antara sekolah perguruan tinggi pariwisata, dan pelatihan SDM pariwisata, pemerintah dan komunitas di daerah pariwisata. Kementrian Pariwisata menargetkan jumlah tenaga profesional di sektor pariwisata yang harus disertifikasi tahun ini mencapai 75.000 orang. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top