Tingkatkan Kredibilitas di Dunia Bisnis

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Sekuat apapun mencoba, Anda tidak akan pernah bisa sukses di dunia bisnis apabila tak ada yang mempercayai Anda. Kesuksesan di dunia bisnis bergantung pada seberapa cepat, dan seberapa baik Anda mampu membangun kredibilitas di mata konsumen, investor, serta rekan kerja Anda.

Inc.com telah merangkum beberapa cara untuk meningkatkan kredibilitas di dunia bisnis, yaitu:

1. Tunjukkan diri Anda yang sesungguhnya

Konsumen cenderung menyukai dan menghormati Anda apabila Anda menjadi diri sendiri. Di saat Anda berpura-pura untuk menjadi lebih tinggi dari pangkat Anda, atau berpura-pura menjadi orang lain, kredibilitas Anda akan hilang entah kemana.

2. Jangan  pernah menulis atau bicara seperti sales

Momen-momen dimana Anda terdengar seperti salesperson, konsumen akan memandang Anda sama seperti kebanyakan sales pembual yang berorientasi pada komisi. Kapanpun Anda berkomunikasi dengan konsumen, saring semua pembicaraan yang terdengar seperti salesperson.

Pembicaraan seperti “jaminan uang kembali” sebaiknya dihindari. Jangan melakukan klaim-klaim tidak perlu seperti “kami memiliki kualitas terbaik”. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menjelaskan bagaimana penawaran Anda dapat membantu setiap konsumen.

3. Ketahui nilai-nilai yang Anda miliki

Saat benar-benar mengetahui nilai dari setiap produk dan servis yang Anda berikan, Anda tidak akan  pernah takut untuk mengomunikasikan kelebihan serta kekurangan dari penawaran Anda. Dengan mengetahui ini pula, Anda akan berani menolak permintaan konsumen yang tak masuk akal.

Ikuti peraturan dan prosedur kerja perusahaan, dan jelaskan kepada konsumen mengapa servis dan produk Anda patut dipertimbangkan. Selanjutnya, Anda akan percaya diri dengan apa yang Anda berikan, kemudian membuat kredibilitas Anda naik.

4. Berikan pencerahan berdasarkan riset dan analisis

Memberikan pencerahan melalui pembicaraan secara otomatis akan meningkatkan kredibilitas. Pencerahan ini dapat diraih dari mempelajari perusahaan, perannya pada industri keseluruhan, atau dari pelayanan konsumen

Ilmu baru ini memperkuat diri Anda, terutama jika Anda bertemu orang-orang baru. Dengan persepsi yang berbeda, solusi yang Anda bisa hasilkan tentu akan semakin beragam. Solusi-solusi ini pula yang akan membantu Anda meningkatkan kredibilitas di mata kolega Anda.

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here