Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Tingkatkan Efisiensi Pengiriman Paket ke luar Jawa, J&T Express Luncurkan Air Freighter

Marketing.co.id – Berita Marketing | J&T Express meluncurkan layanan pengiriman paket air freighter di Bandar Udara Budiarto, Curug, Tangerang. Dalam layanan ini J&T Express bekerja sama dengan operator air freighter Trigana Air. Air freighter diluncurkan untuk meningkatkan efesiensi pengiriman paket yang kian meningkat khususnya di luar pulau Jawa.

Jakarta – Medan dan Jakarta – Batam merupakan rute pengiriman jalur udara dengan trafik pengiriman tertinggi untuk kota di luar Pulau Jawa saat ini. Dalam waktu dekat ini air freighter J&T Express akan melayani pengiriman paket dengan rute Jakarta – Medan, dan Jakarta – Batam – Tanjung Pinang. Air freighter J&T Express ini akan mengangkut 80% hingga 100% atau sampai dengan 15 ton sebagai total load pengiriman per setiap penerbangan dengan setidaknya dua kali penerbangan setiap harinya.

“Melihat situasi pandemi saat ini masih terjadi ketidakstabilan jadwal penerbangan, banyak jadwal terbang pesawat yang cancel maupun delay akibat kurangnya penumpang serta faktor lainnya sehingga mengakibatkan pengiriman melalui jalur udara terhambat dan SLA pengiriman barang juga tertunda. Setelah sebelumnya kami memaksimalkan distribusi jalur darat untuk pengiriman di pulau Jawa, hari ini J&T Express meluncurkan air freighter untuk dapat meningkatkan efesiensi pengiriman jalur udara seiring dengan meningkatnya jumlah paket, khususnya di area luar pulau Jawa,” ujar Robin Lo, CEO J&T Express Indonesia.

Baca juga: Pengiriman SiCepat Tembus 5 Juta Paket di Harbolnas 12.12

Robin Lo berharap, kerja sama &T Express dan Trigana Air bisa berjalan dalam jangka panjang, karena bisnis pengiriman paket terus bertumbuh seiring perkembangan bisnis e-commerce.

“Air freighter merupakan solusi jangka panjang bagi kami, karena ketika volume barang yang akan dikirim bertambah banyak, kita bisa mengirim lebih cepat lagi. Keuntungan menggunakan layanan Air freighter bisa mengangkut barang lebih banyak dibandingkan menggunakan pesawat komersial,” tuturnya.

Rudi Hartono, Direktur TeknikTrigana Air menyambut baik terobosan J&T Express sebagai jasa pengiriman yang berupaya mengakomodir pengiriman udara menjadi lebih efesien tanpa terbatas jadwal pengiriman yang kurang menentu.

J&T Express air freighter

penyerahan cendramata dari J&T Express kepada Trigana Air, INKOPAU, Pukadara dan PT Aero Nusantara Indonesia

“Dalam hal ini kami juga berharap dapat saling mendukung dan bersama sama menjawab tantangan bisnis di masa pandemi ini,”ujar Rudi.

Robin Lo menambahkan, dimasa pandemi bisnis e-commerce berkembang sangat pesat sebagai dampak dibatasinya jam operasional mal dan pusat perbelanjaan. Hal ini katanya berdampak pada peningkatan pengiriman paket melalui J&T Express.

Baca juga: Peluang Bisnis Logistik untuk Korban PHK di Indonesia

“Dari tahun ke tahun pengiriman barang dari pembelian melalui e-commerce meningkat 50 – 70 persen, pengiriman terbanyak masih di pulau Jawa, namun karena ongkos pengiriman makin lama makin kompetitif ada peningkatkan pengiriman paket ke luar Jawa, terutama ke Sumatera dan Sulawesi,” paparnya.

Tahun ini J&T Express menargetkan dapat mengirim 3 sampai 5 juta paket setiap harinya. “Ini dalam kondisi normal, dalam kondisi peak seasons kita menargetkan bisa mengirim 10   sampai 20 juta paket per hari,” tandasnya.

Dengan air freighter J&T Express berharap juga dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan untuk pengiriman paket yang berukuran lebih besar dan lebih berat. Dua hal ini tidak dapat diterima sebelumnya akibat keterbatasan dalam akses pengiriman jalur udara khusus kedua rute tersebut. Selain itu, J&T Express juga dapat secara fleksibel mengatur jam penerbangan yang disesuaikan dengan  kebutuhan.

Berita Marketing: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top