tiket.com Tutup Tahun dengan Kinerja Fantastis, Tandakan Kebangkitan Industri Pariwisata Indonesia

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Bepergian kini menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat, terlebih setelah Pemerintah Republik Indonesia menyatakan pandemi telah berakhir. Sepanjang tahun 2024, industri pariwisata Indonesia menghadapi berbagai tantangan namun juga dimeriahkan dengan berbagai pencapaian yang patut dirayakan.

Tiket.com, sebagai OTA pertama di Indonesia, tetap menjadi pemimpin dengan terus mengamati dinamika pariwisata nasional dan minat terhadap destinasi internasional. Hal ini berperan besar dalam kesuksesan tiket.com dalam mendorong berbagai program wisata bagi Sobat tiket (sebutan pengguna aplikasi tiket.com).

Dengan total 27 hari libur nasional dan cuti bersama sepanjang tahun 2024, termasuk 2 hari untuk Pemilu, masyarakat memiliki banyak kesempatan untuk merencanakan liburan tanpa khawatir tentang perubahan rencana perjalanan. Fitur Refund & Reschedule tanpa biaya ekstra yang dimiliki tiket.com memungkinkan para turis merencanakan perjalanan dengan lebih fleksibel, tanpa takut akan perubahan mendadak dalam pekerjaan atau komitmen lainnya.

Hingga kuartal ketiga 2024, tiket.com mencatatkan pertumbuhan sebesar 4% dibandingkan tahun lalu untuk pemesanan tiket pesawat ke kota-kota domestik favorit seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Destinasi internasional seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hong Kong, dan Jepang juga mendominasi sebagai tujuan utama wisatawan Indonesia.

Selain itu, pemesanan akomodasi seperti hotel, vila, dan apartemen juga meningkat signifikan, naik hingga 35% dibandingkan tahun lalu. Hal ini tercapai berkat berbagai promosi kreatif yang diluncurkan tiket.com, seperti Online Tiket Week, Tiket Hari Raya, serta program unik seperti SIP! dan peluncuran ulang fitur tiket Homes, yang memberikan pilihan menginap lebih beragam, terutama bagi keluarga besar yang membutuhkan akomodasi dengan banyak kamar.

Kepercayaan masyarakat terhadap tiket.com semakin diperkuat dengan menjadi mitra resmi penjualan tiket untuk berbagai acara K-Pop, seperti BABYMONSTER Fanmeeting, AESPA, Enhypen, 2NE1, TAEYANG, Stray Kids, dan lainnya. Demam K-Pop yang terus meluas di Indonesia tercermin dari penjualan tiket konser yang selalu sold out dalam hitungan menit.

tiket.com juga terus memberikan solusi bagi wisatawan dengan menyediakan tiket untuk berbagai kegiatan, baik di dalam maupun luar negeri, seperti tiket masuk ke museum, wahana Dufan, Hong Kong Disneyland, Universal Studio Singapore, serta kegiatan outdoor seperti arung jeram, ATV, dan glamping. Pemesanan tiket To Do mengalami kenaikan sebesar 9% dibandingkan tahun lalu.

Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung pariwisata lokal, tiket.com kembali menyelenggarakan program edukasi Jagoan Pariwisata yang telah memberdayakan lebih dari 205 usaha wisata di 15 desa wisata sejak 2022. Pada tahun 2024, program ini sukses dilaksanakan dengan tema Empowering Local Champions for Sustainable Growth dan menjangkau pelaku usaha wisata dari berbagai latar belakang, seperti homestay, atraksi, UMKM suvenir, dan kuliner. Para peserta program juga mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari karyawan tiket.com, memberikan mereka bekal untuk berkembang dalam dunia pariwisata.

Pada bulan Oktober, tiket.com secara resmi menjadi OTA pertama yang menyediakan dan menjual tiket untuk kereta cepat Whoosh yang menghubungkan Stasiun Halim Jakarta dan Stasiun Tegalluar, Summarecon Bandung. Kemudahan dalam proses pemesanan tiket menjadikan Whoosh pilihan transportasi favorit bagi para Sobat tiket pada kuartal ketiga 2024.

Tiket.com juga terus memperluas kemitraan strategis dengan badan-badan pariwisata internasional seperti Singapore Tourism Board, Hong Kong Tourism Board, dan Korean Tourism Organization. Kerjasama ini semakin memantapkan posisi tiket.com sebagai platform utama dalam memudahkan masyarakat Indonesia menentukan destinasi liburan internasional.

Gaery Undarsa, Co-founder & CMO tiket.com, mengajak masyarakat untuk menyambut tahun 2025 dengan penuh optimisme, meskipun banyak tantangan yang akan datang. “Lingkaran kuning dalam logo tiket.com melambangkan matahari yang memberikan kehidupan, kebahagiaan, harapan, dan optimisme. Selama 13 tahun ini, kami berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan solusi perjalanan yang cerdas, handal, dan lengkap,” ujar Gaery.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here