Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Tumbuh Triple Digit, Gaery Optimis tiket.com Bakal Semakin Ngegas di Q2

Optimisme bisnis perhotelantiket.com mengalami pertumbuhan triple digit untuk pemesanan tiket pesawat dan akomodasi hotel

Marketing.co.id – Berita Marketing | Kinerja Q1 2021 tiket.com kian melonjak tajam semenjak pandemi melanda di tahun 2020. Pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia ini mencetak banyak rekor performa di semua lini produk unggulan di dalam aplikasi. Pembelian tiket pesawat  pada Q1 2021 meroket 331%, booking hotel juga naik tajam di angka 321% dan tiket TO DO meraih level popularitas baru dengan angka transaksi sensasional di angka 10.083%.

Kemudian, pada Q1 2021 tiket.com juga mencatat pertumbuhan angka user sebesar 299% atau sekitar 3 kali lipat. Angka ini tidak luput dari kontribusi beberapa kampanye seperti MTM (Malu Tanggal Muda) dan kampanye tanggal merah yang masih menjadi favorit masyarakat. Berdasarkan data yang dihimpun, pesta diskon tahunan tiket.com Mendadak OTW (Online Tiket Week) yang digelar pada 5 – 11 April lalu berhasil memberikan push tambahan di awal Q2 2021. Dimana kontribusi kampanye Mendadak OTW mendorong angka pembelian tiket pesawat sebesar 81%, booking hotel sebesar 131%, dan tiket TO DO sebesar 75%.

Ragam prestasi yang berhasil dicetak secara khusus oleh Mendadak OTW di antaranya prestasi booking hotel harian yang lebih tinggi sejak Januari 2020 (level pra-pandemi), rasio booking hotel harian di Jakarta capai titik tertinggi sejak tahun 2019. Sedangkan, untuk pembelian tiket ke 5 TOP destinasi, prestasi Mendadak OTW sejajar dengan kampanye OTW LOKAL yang digelar di akhir tahun 2020.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com mengatakan, kesuksesan Malu Tanggal Muda (MTM) dan Mendadak OTW menjadi alasan untuk menggelar THR. Menurutnya, masyarakat sekarang sudah lebih strategis saat merencanakan liburannya. Hadirnya kampanye promo seperti Mendadak OTW ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk merencanakan liburan lebih matang dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, angka transaksi yang meningkat tajam dalam reservasi hotel menjadi bukti keberhasilan tiket.com dalam mengajak masyarakat untuk liburan baik dalam bentuk staycation, Work From Hotel, atau Liburan Dekat Rumah secara aman dan sesuai protokol kesehatan.

Mendadak OTW menjadi salah satu langkah jitu dalam mendorong angka booking hotel di destinasi TOP seperti Bali dan Yogyakarta walaupun sedang low season dan dalam kondisi pandemi. Kemudian, fitur tiket TO DO pun menjadi primadona pada Q1 2021, karena menjawab kebutuhan pelanggan untuk mengunjungi tempat atraksi dan playground bagi keluarga, serta kebutuhan pelengkap perjalanan (travel essentials) tes Covid-19.

Sejak awal tahun, tiket.com bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendorong popularitas sekaligus mengajak masyarakat untuk berwisata yang patuh protokol kesehatan ke destinasi super prioritas. Dari catatan tiket.com, TOP 5 destinasi domestik pada Q1 2021 berdasarkan penjualan hotel pada saat Mendadak OTW adalah Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. Sedangkan untuk tiket pesawat, TOP 5 destinasi favorit adalah Surabaya, Medan, Makassar, Bali dan Yogyakarta.

“Performa Q1 tiket.com jauh melampaui best case scenario yang kami susun. Sebagai salah satu pelaku industri pariwisata terbesar di Indonesia, kami sangat optimis kinerja pada Q2 akan semakin tancap ngegas,” ungkap Gaery.

Lebih lanjut gaery menjelaskan, pergerakan positif sektor pendukung utama seperti transportasi dan akomodasi menjadi tolok ukur dalam memonitor kondisi pemulihan saat ini. Sebagai OTA yang customer centric, tiket.com memiliki misi untuk memudahkan pelanggan dalam merencanakan perjalanannya, mulai dari tiket pesawat atau kereta api, booking hotel dan akomodasi, perlengkapan perjalanan (essentials), penyewaan mobil, hingga tiket masuk tempat wisata, yang telah dapat dipesan secara mudah, sehingga rencana liburan pun lebih matang dan tersusun lebih rapi.

Saat ini, tiket.com tengah menggelar  program diskon tahunan di bulan Ramadan, yaitu Tiket Hari Raya (THR) dengan diskon  hingga 50% + 25% untuk semua produk, yaitu tiket pesawat domestik, hotel, HOMES, TO DO, kereta api, sewa mobil, dan airport transfer. THR kali ini spesial, karena mulai hari (19 April) tiket.com akan merayakan bulan Ramadan Pol-polan, dengan mengadakan Harga Gledek Spesial THR setiap harinya dari jam 15:00 – 21:00 WIB.

Maria Risa Puspitasari, VP Brand Marketing tiket.com mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum kampanye THR (Tiketin Hari Raya) secara bijak, baik untuk melakukan kewajiban berzakat, perayaan Idul Fitri, hingga perencanaan matang dalam menyusun perjalanan atau liburan dekat rumah di masa mendatang.

“­Walaupun proses vaksinasi tengah berjalan, Kami tetap mengajak masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik selama dalam perjalanan atau tengah berwisata. Kami turut mengajak masyarakat untuk selalu merencanakan liburan dengan matang, agar aman dan nyaman sesuai keinginan hati,” tutup Risa.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top