
Marketing.co.id – Berita Marketing | Fenomena affiliate marketing kian menjamur seiring dengan meningkatnya tren belanja online di Indonesia. Tren ini memikat banyak orang berkat peluang untuk menambah penghasilan secara fleksibel dan minim modal.
Affiliate marketing merupakan strategi online marketing dimana seseorang (afiliator) mempromosikan produk atau jasa dari brand tertentu dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi. Singkatnya, affiliate marketing adalah sebuah sistem yang menawarkan jasa makelar dengan sistem online.
Ada beberapa pihak yang terlibat dalam affiliate marketing, yaitu merchant atau pihak yang memiliki produk atau jasa yang dipromosikan, afiliator atau pihak yang mempromosikan produk atau jasa dari merchant dan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang terjadi, serta pelanggan atau pihak yang ditargetkan untuk membeli produk yang dipromosikan afiliator.
Saat ini, affiliate marketing dianggap efektif karena brand hanya mengeluarkan uang setelah produk benar-benar terjual. Selain itu, affiliate marketing juga memiliki banyak keuntungan, di antaranya fleksibel dalam memilih strategi yang sesuai dengan minat atau keahlian, peluang menghasilkan pendapatan secara online, serta minim risiko bagi pemilik bisnis baru.
Riset yang dilakukan Populix belum lama ini memperlihatkan bagaimana program afiliasi cukup efektif dalam mendorong penjualan, dengan 59% responden mengaku pernah membeli barang-barang yang dijajakan dalam program afiliasi. Riset tersebut juga menunjukkan jangkauan dan efektivitas kampanye afiliasi yang luas dengan mayoritas responden yang hampir setiap hari terpapar promosi produk atau layanan yang diiklankan afiliator Ketika sedang beraktivitas di jagat maya. Salah satu daya tarik program afiliasi adalah ulasan positif dari afiliator yang menjadi faktor utama dalam keputusan pembelian konsumen yang terpapar.
Tik Star Media Indonesia merupakan salah satu pemain dalam industri affiliate marketing dan influencer marketing. Agency afiliasi yang hadir sejak 2021, ini mengklaim telah berhasil membantu ribuan UMKM dan brand meningkatkan visibilitas serta penjualan melalui strategi pemasaran berbasis konten digital, live streaming, dan affiliate marketing.
Keberhasilannya tak lepas dari sinergi yang dilakukannya dengan TikTok Shop dan Tokopedia, yang kini mencatat pertumbuhan nilai transaksi hingga 30 kali lipat dan peningkatan pendapatan UMKM hingga 95%. Tik Star Media Indonesia pun berhasil meraih predikat “Affiliate Partner of The Year” dalam acara ShopTokopedia dan Tokopedia Summit 2024/2025 beberapa waktu lalu.
Dalam acara tersebut, CEO Tik Star Media Indonesia dan iBooming Tomy Li mengatakan akan terus mengembangkan ekosistem digital marketing yang semakin kuat dan inklusif. “Sistem afiliasi memiliki dampak besar bagi UMKM dan kreator di Indonesia. Saya berharap kita semua dapat terus membangun ekosistem digital yang lebih maju, memberdayakan lebih banyak kreator, serta memberikan solusi pemasaran yang efektif bagi brand dan UMKM,” ujar Tomy Li.
Tik Star Media Indonesia yang merupakan bagian dari iBooming, platform digital showcase terbesar di Asia Tenggara, terus memperkuat posisinya dalam industri affiliate marketing dan influencer marketing. Dengan lebih dari 1 juta kreator di 5 negara (Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina), iBooming dan Tik Star Media Indonesia kini bekerja bersama untuk menghadirkan peluang ekonomi digital yang lebih luas bagi kreator, afiliator, dan UMKM.