Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Tiga Waralaba Ini Paling Diminati Investor

Marketing – Bisnis waralaba (franchise) di Indonesia semakin diminati oleh para investor karena potensinya yang sangat menjanjikan. Apalagi dalam menggeluti bisnis ini cenderung lebih mudah, sebab umumnya merek atau produk yang ditawarkan sudah dikenal masyarakat.

Dengan kata lain, biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnis tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membangun bisnis baru dari nol. “Bisnis waralaba 10 tahun terakhir masih menarik calon investor karena banyak keuntungan yang diperoleh dalam menjalani bisnis  ini,” kata Tri Raharjo, Chairman Tras n Co Indonesia.

Kendati potensinya besar, Tri mengemukakan, masyarakat atau calon investor yang ingin menggeluti bisnis waralaba harus berhati-hati. Pasalnya, di tengah menjamurnya merek waralaba. Namun, hanya beberapa saja yang mampu bertahan menghadapi ketatnya pesaingan.

Menurutnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan calon investor dalam menentukan atau memilih jenis waralaba, yakni secara usia bisnis sudah lebih dari 5 tahun sebagai tolak ukur pertama, kemudian produk, pelayanan, rekam jejak dan terakhir profitnya.

“Kalau pelayanannya bagus dan mereknya sudah dikenal akan lebih memudahkan dalam menjualnya. Terpenting calon investor sudah pernah jadi konsumen dari merek waralaba yang akan diambil,” imbuhnya.

Berdasarkan pengamatan Tri, saat ini minimarket dan resto kekinian masih menjadi bisnis waralaba yang paling diminati. Selain itu, ketegori waralaba yang semakin tren di tahun 2019 dan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun adalah jasa pengiriman yang dipengaruhi pertumbuhan jual beli online.

Ketiga jenis bisnis waralaba ini bisa dibilang bisnis yang paling aman dan tidak membutuhkan biaya yang cukup besar dan sangat dibutuhkan masyarakat urban.

“Kategori minimarket masih menarik sebab pengelolaannya pasif, karena semuanya sudah dikelola atau dijalankan oleh pemiliknya. Calon investor tidak perlu susah-susah belajar dari awal, bisnis sudah berjalan, dan tinggal pembagian keuntungan saja,” jelasnya.

Merek Waralaba Terbaik 2019

Tri menyebutkan menjadi bisnis franchise, license atau partnership paling diminati calon investor, membutuhkan proses panjang dan bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Begitu pula melahirkan franchisee, licensee atau mitra sukses di bisnisnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap bisnis franchise, license atau partnership di Indonesia serta mengapresiasi para mitra terbaiknya, FranchiseGlobal.com bekerjasama dengan Tras n Co Indonesia menghadirkan No.1 Franchise Choice Award 2019 dan The Best Franchisee Award 2019.

“Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan bisnis franchise, license atau partnership. Hasil survei ini bisa menjadi informasi awal calon mitra atau investor dalam menentukan bisnis pilihan mereka di tahun ini,” beber Tri.

Lebih dari 500 merek franchise, license dan partnership di Indonesia disurvei selama 3 bulan mulai dari September – November 2018 untuk menentukan peraih penghargaan berdasarkan 3 (tiga) aspek penilaian yaitu Popularity Aspect, Interest Aspect dan Business Choice Aspect.

Adapun peraih No.1 Franchise Choice Award 2019 untuk kategori Franchise, License dan Partnership adalah Apotek K-24 (Kategori Apotek), Carvil (Kategori Sandang), CFC (Kategori Resto Fried Chicken), Depo Air Minum Biru (Kategori Air Minum Isi Ulang), Oto Bento (Kategori Resto Bento), Warung Tekko (Kategori Resto Iga).

Selanjutnya Sabana Fried Chicken (Kategori Fried Chicken Booth & Container), Shop&Drive (Kategori Bengkel & Aksesoris Mobil), Snapy (Kategori Digital Printing), Ixobox (Kategori Barbershop), Green Nitrogen (Kategori Nitrogen), Coffee Stall Good Day (Kategori Coffee Booth/Corner), dan lainnya.

Untuk menentukan The Best Franchisee 2019, survei ini bekerjasama dengan franchise, license dan partnership melakukan penilaian terhadap franchisee, licensee dan mitra-mitra terbaik yang sukses dan berkembang dengan lima pendekatan, yaitu Revenue Aspect, Local Marketing Aspect, Finance Aspect, Management Aspect dan Service Aspect.

The Best Franchisee Award 2019 diberikan kepada CFC dengan mitra Reynaldo Halim Putra; Snapy dengan mitra CL. Setyowati Handayani; Kiddy Cuts dengan mitra Brigitte Francesca Nadjamuddin; Nibras dengan mitra Ayun Barozah, Samsul Huda, Nur Yanthi; Eye Level dengan mitra Micky; Waffelicious dengan mitra Agustina Prayogo; Rocket Chicken dengan mitra Wahyu Bagus Iriawan.

Kemudian  Oto Bento dengan mitra; Putiri BhuanaKatili; Warung Tekko dengan mitra Niko Wijasin; Ixobox dengan mitra Ugahary Yovvy Chandra; Bambu Spa dengan mitra Jully Lau; House of Mustika Ratu dengan mitra Budi Salim; Bang Aji Arabian Kebab dengan mitra BondanFahrizal; Black Kebab dengan mitra Djohan Ichwan; RFC dengan mitra Roni Ramdani; PT Santos Jaya Abadi dengan mitra Outlet Coffee Corner MNC Land.

“Akhirnya, kami berharap, penghargaan ini dapat memacu kinerja seluruh stakeholder franchise, license atau partnership. Sehingga, kedepannya bisnis ini akan semakin kompetitif dan berkembang,” tutup Tri.

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top