Tiga Siswa dan Satu Guru SMK Juarai Astraotoshop Digital Class Batch 2

0
397
Astraotoshop Digital Class Batch 2
Pengumuman pemenang Astraotoshop Digital Class Batch 2

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno | Untuk meraih sukses di dunia kerja, salah satu yang harus dikuasai adalah keahlian dalam hal pemasaran, termasuk pemasaran secara daring (digital marketing). Kemampuan ini perlu dimiliki oleh para siswa – siswi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), sehingga mereka mudah mencari kerja ketika lulus nanti.

Astraotoshop Digital Class adalah program pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk siswa dan siswi SMK di seluruh Indonesia dari jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Program ini merupakan program yang diinisiasi oleh Dedy Budiman, M.Pd, CEO Derap Dynamis Training & Development dan ketua dewan pembina Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI) serta didukung oleh Direktorat SMK, Mitras DUDI, dan Astraotoshop.com.

Astraotoshop.com adalah penjualan daring (e-commerce) suku cadang kendaraan bermotor roda dua dan roda empat yang dapat melayani kebutuhan para pemilik toko suku cadang/bengkel dan masyarakat umum untuk semua merek kendaraan bermotor yang ada di Indonesia.

Baca jugaAstraotoshop.com Gelar Pelatihan Guru Pemasaran SMK di 13 Kota

Dedy menjelaskan, Astraotoshop Digital Class (ADC) batch 2 merupakan program lanjutan dari Astra Digital Class batch 1, dimana peserta (siswa dan guru) dilibatkan pada berbagai proyek yang diharus diselesaikan selama 2 bulan, mulai dari bulan Maret – April 2022

“Program ADC batch 2 diikuti oleh 264 peserta dari 24 SMK yang ada di Indonesia. Dalam program ini peserta diberikan pelatihan untuk membuat strategi pemasaran dan penjualan secara Online dan Offline yang diimplementasikan dengan menjelaskan kepada para pelanggan mengenai E Commerce Astraotoshop.com secara online maupun offline. Offline yakni dengan bertemu langsung secara tatap muka, sedangkan Online dengan membuat konten di social media, baik berupa gambar, video dan live streaming,” papar Dedy.

Khusus di tahap 2 peserta yang lolos dan memenuhi kriteria diberikan pelatihan dan pendampingan selama 1 bulan mengenal profesi Live Streamer. Live streamer adalah orang yang melakukan aktivitas live streaming. Diakhir pelatihan para peserta mempraktikkan kemampuan Live Streaming Selling lewat media TikTok.

Astraotoshop Digital Class Batch 2
Pengumuman pemenang Astraotoshop Digital Class Batch 2

“Pada kegiatan ini masing-masing peserta menunjukkan kemampuan berupa cara menarik minat pembeli, memberikan penawaran-penawaran menarik hingga mengarahkan calon pembeli untuk langsung membeli produk-produk di Live Streaming tersebut,” imbuh Dedy Budiman

Setelah mengikuti program maka dipilih 3 orang siswa dan 1 orang guru yang menjadi pemenang. Juara 1 Heti Sonjaya, SMK Ar Rahman Depok (https://www.tiktok.com/@hetisonjaya), Juara 2 Resa Juniari, SMK PGRI 3 Malang (https://www.tiktok.com/@skalimited), dan Juara 3 Feriyansah Adi Saputra, SMKN 1  Tangerang (https://www.tiktok.com/@feriyansahadi). Adapun juara juara 1 kategori Guru diraih oleh Rina Finanti, SMK Wikrama Bogor (www.tiktok.com/@finantirina)

Pengumuman para pemenang dilakukan secara daring pada Senin, 9 Mei 2022. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Saryadi – Dit. Mitras DUDI Kemendikbud Ristek, Mardani Sugianto – Dit. SMK Kemendibud, Dedy Budiman-M.Pd,- CEO Derap Dynamis Training & Development dan ketua dewan pembina Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI), Pebrizayanti – Ketua Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI), Nugroho Arifianto – E-commerce Dept Head Astra Otoshop serta Debra Perwakilan dari Hakka Indonesia.

Nugroho Arifianto, E-commerce Dept Head Astra Otoshop mengucapkan selamat kepada para pemenang. Nugroho Arifianto mengatakan, pada Astraotoshop Digital Class batch 2 para peserta antara lain diberikan pelatihan digital marketing yang menjadi keunggulan di era saat ini.

“Konten-konten Live Streaming di TikTok dari para peserta sangat menarik dan kreatif. Harapan kami pelatihan ini menjadi langkah awal untuk memasuki digital marketing dan pemasaran online. Kami juga berharap para siswa dan guru terus belajar karena dunia digital marketing masih akan terus berkembang,” tutur Nugroho.

Baca juga: TikTok Ungkap Peningkatan 54% untuk Konsumsi Konten selama Ramadan

Debra Perwakilan dari Hakka Indonesia mengatakan, untuk menjadi pemenang peserta tidak hanya harus mengikutti kelas-kelas pelatihan, tapi juga terlibat dalam project. Di batch 2 ada beberapa materi yang diajarkan antara lain cara membuat konten, bagaimana mengisi konten di TikTok, termasuk bagaimana cara live streaming dan Live Shop di TikTok

“Mereka mesti mempraktikan bagaimana menjadi Live Streamer di TikTok dan menjual produk Astraotoshop di TikTok. Hasil karya mereka bisa dilihat di TikTok, mereka sudah memiliki kemampuan yang luar biasa meski masih SMK,” tutur Debra.

Saryadi, Dit. Mitras DUDI Kemendikbud Ristek mengatakan, ajang ini merupakan bagian dari cara dunia usaha untuk terlibat aktif dalam meningkatkan kompetensi pendidikan vokasi di Indonesia.

“Untuk membentuk kompetensi peserta didik di satuan pendidikan vokasi, direktorat pendidikan vokasi telah membentuk kemitraan yang dibangun antara satuan pendidikan vokasi dengan usaha (industri). Kemitraan ini harus terus diperdalam dan menyeluruh,” kata Saryadi.

Mardani Sugianto, Dit. SMK Kemendibud menuturkan, hingga saat ini ada 370 industri yang mendukung pendidikan vokasi di SMK. Mardani menambahkan, untuk keberhasilan pendidikan vokasi di Indonesia dibutuhkan dukungan dan partisipasi dari dunia usaha.

“Dukungan tersebut melalui tiga cara yaitu membantu dalam penyusunan kurikulum, dukungan program pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), dan praktisi mengajar di kelas,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here