Portal Lengkap Dunia Marketing

Salesmanship

The Sales Routine (Bagian 3)

Pada artikel terdahulu, kita sudah membahas Sales Routine bagian 1 dan bagian 2, sampai pada bahasan tentang pelanggan top yang sudah ada. Kini kita akan teruskan bahasan selanjutnya.

Pelanggan yang Sudah Ada dan Berpeluang untuk Menjadi Pelanggan Top di Masa Depan

Ini adalah kelompok pelanggan selanjutnya yang harus Anda hubungi. Mengapa? Karena kelompok pelanggan ini akan menjadi “masa depan Anda”. Mereka berpotensi lebih banyak dari Anda. Tetapi, mungkin mereka belum mulai membeli dari Anda karena:

  • mereka memang tidak butuh pemesanan banyak saat ini;
  • anggaran mereka memang terbatas;
  • kondisi di kantor mereka tidak memungkinkan untuk melakukan pembelian saat ini.

Tetapi, segala kondisi di atas tentu hanya sementara. Tak ada yang bertahan selamanya dan kondisi mungkin saja berubah. Ketika kondisi berubah, mereka mungkin saja membeli lebih banyak dari Anda dan mereka akan menjadi pelanggan favorit Anda.

Inilah mengapa Anda perlu membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan tersebut, seperti menanam benih sekarang, mempertahankan hubungan, sehingga mereka lebih percaya, lebih suka, dan lebih lama ingat pada Anda. Jadi, jika kondisinya tengah berpihak pada Anda, merek Andalah yang pertama kali muncul di daftar para pelanggan.

Itulah sebabnya para sales top yang rajin menelepon sepertinya sering mendapat “keberuntungan”. Sepertinya ada saja pelanggan yang menghubungi dan hendak membeli. Sementara sales lainnya harus bersusah payah mengetuk pintu demi pintu hanya untuk menghadapi penolakan demi penolakan. Para sales top malah ditelepon oleh pelanggannya dan mendapatkan penjualan. Sungguh beruntung!

Jadi, setelah penjelasan ini, apakah Anda masih bisa menyebutnya “keberuntungan”? Jadi, apakah Anda ingin beruntung? Berapa jam waktu yang Anda habiskan setiap harinya untuk menelepon? Siapa saja yang Anda hubungi? Buatlah daftar dari semua pelanggan yang sudah dimiliki yang berpotensi untuk menjadi pelanggan top di masa depan, dan mulailah menghubungi mereka besok.

Terapkan aktivitas ini ke dalam sales routine harian, dan Anda bisa yakin bahwa satu hari kelak, Anda akan sangat beruntung. Orang-orang yang Anda cantumkan pada daftar tersebut akan menghubungi Anda untuk mengajukan pesanan.

Tapi, sebelumnya Anda perlu menabur benih terlebih dahulu. Jadi, mulailah menelepon!

Pelanggan Lama yang Mungkin Tidak Berpotensi untuk Menjadi Pelanggan Top di Masa Depan (Pelanggan Rata-rata)

Ya, kelompok pelanggan ini ternyata sama pentingnya, karena—akui sajalah—berapa banyak pelanggan top yang Anda miliki? Mungkin hanya 10% dari keseluruhan basis pelanggan Anda. Kebanyakan pelanggan Anda kemungkinan masuk dalam kelompok pelanggan rata-rata. Jadi, apabila Anda tidak menghubungi basis kelompok pelanggan yang jumlahnya sangat besar ini, Anda sebenarnya mengabaikan kepentingan dari mayoritas pelanggan Anda sendiri! Hal ini tentu sangat berbahaya! Bersambung …  (Bagian 4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top