Portal Lengkap Dunia Marketing

Salesmanship

The Sales Routine (Bagian 2)

Jadi, siapa yang harus ditelepon si penjual dalam waktu satu hingga dua jam tersebut?

Pelanggan Top yang Sudah Ada

Pelanggan yang dimaksud ini adalah mereka yang berada di top 10 peringkat klien Anda. Mereka adalah pelanggan yang:

  • membeli dari Anda dengan jumlah uang terbanyak;
  • paling sering membeli dari Anda;
  • paling sering mereferensikan Anda pada orang lain;
  • telah bertransaksi dengan Anda hingga bertahun-tahun.

Anda perlu terus menjaga hubungan dengan semua pelanggan tersebut. Teleponlah mereka untuk sekadar menyapa, supaya mereka tahu bahwa Anda masih mengingat mereka, dan Anda menghargai mereka sebagai pelanggan setia. Anda tidak perlu menjual apa pun pada mereka, dan teleponlah mereka hanya untuk menyapa.

Walaupun kebanyakan pelanggan tidak mau menghabiskan waktu untuk berbicara dengan sales, mereka akan menghargai si sales yang menelepon untuk menyapa dan tidak menelepon kalau ingin menjual saja. Hal ini akan menciptakan perbedaan! Ini akan membuat Anda berbeda dan menciptakan impresi tersendiri di mata pelanggan-pelanggan top Anda. Jadi, teleponlah mereka hanya untuk menyapa, tanpa mencoba untuk menjual apa pun. Jadilah berbeda, spesial, dan dihargai.

Dengan menelepon para pelanggan top, Anda sebenarnya menyegarkan kembali ingatan mereka tentang segala jasa Anda, dan sekali lagi Anda akan berada di urutan teratas dalam benak pelanggan. Jadi, jika mereka sedang benar-benar membutuhkan produk, maka nama Anda akan muncul di ingatan mereka.

Pertanyaan: Pada saat ini, jika pelanggan Anda ingin membeli sesuatu, nama Anda harus muncul di atas daftar mereka. Jika tidak, Anda akan cenderung terus kehilangan order. Jika pelanggan top Anda bahkan tidak ingat pada Anda, maka salah siapa? Pelanggan atau Anda?

Inilah mengapa orang-orang sales top menghabiskan satu hingga dua jam di telepon setiap hari. Mereka menghabiskan sebagian waktu berkomunikasi dengan orang-orang terpenting untuk mendapatkan sukses, yaitu pelanggan top mereka. Bagaimana dengan Anda?

Bersambung….(Bagian 3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top