Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

The Don’ts and The Do’s Dalam Merespon Ulasan Negatif

The Don’ts and The Do’s Dalam Merespon Ulasan NegatifReputasi baik adalah vital bagi kesuksesan bisnis kecil. Kini, orang-orang lebih percaya dengan ulasan online daripada iklan dan mereka umumnya mencari ulasan online sebelum memutuskan membeli sebuah produk atau layanan. Ulasan negatif pada situs seperti Yelp, TripAdvisor, Foursquare, Google Places, atau halaman media sosial bisa menyebabkan kerusakan serius pada reputasi sebuah bisnis.

Bagaimana merespon ulasan online yang negatif jika itu terjadi pada bisnis kita? Berikut the don’ts and the do’s dalam merespon ulasan negatif

The Don’ts :

Menyangkal masalah. Menyalahkan pelanggan yang menyampaikan keluhannya di forum publik adalah kesalahan besar. Meskipun kita yakin bahwa pada akhirnya masalah tersebut adalah kesalahan pelanggan, tapi kita tetap harus mengakui masalah tersebut memang terjadi.

Berargumen dengan pengulas. Wajar bila kita merasa tersakiti jika seseorang mem-post kritik negatif tentang bisnis kita. Tapi, meresponnya dengan kemarahan bisa meruntuhkan reputasi sebuah bisnis secara permanen karena informasi akan terus ada di internet selamanya.

Mempermainkan sistem. Beberapa pemilik bisnis membayar orang-orang untuk menulis ulasan positif ketika menghadapi ulasan negatif. Cara ini tidak hanya ide yang buruk, tapi juga bersamaan dengan kemungkinan tertangkap basah berbohong. Beberapa situs ulasan konsumen, misalnya Yelp, memiliki sistem untuk memperingatkan pembaca tentang ulasan yang dicurigai berbayar.

Tidak melakukan apapun. Mengabaikan ulasan negatif dengan harapan mereka akan menghilang dengan sendirinya adalah strategi yang salah. Mengapa? Karena pelanggan bisa menganggap bahwa perusahaan kita tidak peduli dengan pelanggannya.

The Do’s:

Gunakan sudut pandang yang obyektif. Jika ulasan atau komentar terlihat jelas tidak serius atau menggunakan bahasa yang kasar, pilihan terbaik adalah mengabaikannya. Jika mungkin hilangkan saja.Umumnya situs ulasan konsumen menawarkan cara untuk menandai atau melaporkan ulasan yang melanggar persyaratan layanan mereka.

Tanggapi dengan bijak. Tangani ulasan negatif dengan profesional. Tanggapan yang sarkastik, terlalu pasif atau malah agresif hanya akan menambah bara kemarahan.

Mintalah maaf dan masukan. Sering kali respon terbaik untuk menanggapi pelanggan yang kesal adalah dengan meminta maaf. Akuilah memang kita melakukan kesalahan dan tanyakan apa yang bisa kita bantu untuk menyelesaikan masalah mereka.

Yang terpenting tanggapi ulasan negatif dengan baik dan secara konstan. Dengan begitu pelanggan lainnya akan melihat bahwa kita memberikan perhatian kepada para pelanggan. Respon yang konsisten bisa mengubah ulasan negatif menjadi nilai positif bagi sebuah bisnis.

Sumber: Smallbiztrends

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top