Terus Tumbuh, Modal Rakyat Fokus Perluas Kemitraan Strategis  

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Platform P2P lending Modal Rakyat yang merupakan bagian dari Fazz Group sepanjang 2022 telah mengalami pertumbuhan hampir 2 kali lipat dalam menyalurkan pinjaman ke beberapa industri, terutama bagi UKM. Selain itu, kinerja perseroan juga menunjukkan angka yang positif dengan berhasil mencetak laba sepanjang tahun 2022.

Modal Rakyat

Co-Founder & CEO Modal Rakyat, Hendoko Kwik mengungkapkan, hal ini menunjukan bahwa tingginya kebutuhan UKM terhadap akses pendanaan. Penyaluran pendanaan Modal Rakyat didistribusikan ke berbagai Industri, sektor industri yang paling banyak didanai oleh Modal rakyat berasal dari sektor industri Trading, Distribusi, Fast Moving Consumer Goods, Logistik, hingga Teknologi.

“Mengawali tahun 2023, Perseroan akan berfokus kepada peningkatan profitabilitas dan optimis untuk terus menunjukan pertumbuhan yang positif. Untuk meningkatkan profit margin pada tahun 2023, akan terus fokus untuk mengembangkan fundamental bisnis serta melakukan perluasan jangkauan kemitraan strategis dengan berbagai ekosistem distributor yang memiliki jaringan mitra yang tersebar luas,” tegas dia.

Hendoko mengatakan, salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan membuka kolaborasi seluas-luasnya dengan banyak mitra telah terbukti menjadi salah satu pendorong kinerja penyaluran pinjaman sepanjang tahun lalu. Strategi ini akan diakselerasi pada tahun ini, dimana Modal Rakyat akan lebih fokus ke kolaborasi strategis dengan berbagai stakeholders yang akan diimplementasikan melalui ragam layanan keuangan inklusif Modal Rakyat yang semakin komprehensif.

“Salah satu kerja sama strategis yang berpengaruh besar dari sisi penyaluran, misalnya melalui skema Supply Chain Financing dengan perusahaan mitra yang berasal dari industri-industri yang disebut di atas. Melalui skema tersebut, Modal Rakyat menyalurkan pinjaman tidak hanya kepada satu perusahaan, melainkan kepada sejumlah perusahaan lainnya yang masih berada dalam jaringan mitra perusahaan principal,” papar dia.

Modal Rakyat juga telah bekerja sama dengan lebih dari 138.000 client dari berbagai industri di Indonesia. Adapun kerja sama dari sisi pemberi pinjaman (lender), tergambar dari dukungan pendanaan dari 46 mitra perbankan dan multifinance dengan total penyaluran sekitar Rp5,1 triliun sepanjang 2022, atau 74% persen dari total pendanaan.

“Harapannya, dengan terus memperluas kolaborasi di periode 2023 ini, Modal Rakyat bisa menjangkau segmen UKM yang lebih masif, serta akan terus fokus menjalin kerjasama dengan ekosistem distributor sangat berpeluang untuk tumbuh stabil di tengah isu pelemahan ekonomi secara global,” tambahnya.

Lebih lanjut, mitra UKM Modal Rakyat memiliki ketahanan yang cukup kuat dalam menghadapi gejolak makro ekonomi dan issue resesi global. Karena itu, Modal Rakyat yang genap 5 tahun berdiri ini akan terus berkomitmen untuk terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai institusi, terutama perbankan, dalam menyediakan pendanaan bagi ekosistem distributor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here