Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Sebanyak 50.000 paket hidangan berbuka puasa akan disalurkan ke 150 masjid di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah sepanjang Ramadan 2025. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara FoodBank of Indonesia (FOI) dan Teh Celup Sosro melalui kampanye Hidupkan Ramadanmu, yang berlangsung dari 4 hingga 26 Maret 2025.
Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia sekaligus Co-Founder FOI, Wida Septarina, menekankan pentingnya gotong royong dalam memastikan masyarakat kurang mampu dapat menikmati hidangan berbuka puasa yang layak.
“Partisipasi para ibu relawan di dapur-dapur masjid menjadi bukti nyata bagaimana peran perempuan sangat berarti dalam membangun komunitas. Melalui semangat Ramadan, kita bersama-sama memerangi kelaparan dan memperkuat solidaritas sosial,” ujar Wida.

Pendistribusian makanan ini melibatkan jaringan relawan ibu-ibu yang telah terorganisir di dapur masjid. Sukini, salah satu relawan FOI, mengungkapkan rasa syukurnya dapat terlibat dalam aksi ini.
“Selain bisa berbagi dengan sesama, kami merasa diapresiasi atas peran kami sebagai perempuan. Ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus berkontribusi,” katanya.
Sementara itu, Perwakilan Marketing Teh Celup Sosro, Yolanda Effendi, menyampaikan harapannya agar kampanye ini dapat menghadirkan kebersamaan yang lebih erat selama Ramadan.
“Dengan semangat Hidupkan Ramadanmu, kami ingin memberikan arti lebih bagi saudara-saudara kita yang menjalankan ibadah puasa,” ujar Yolanda.
Program ini menegaskan peran masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat solidaritas sosial dalam membantu mereka yang membutuhkan selama Ramadan.