eCommerce, FinTech dan SaaS Dominasi Tren Startup di Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Tech in Asia Jakarta 2017, konferensi teknologi tahunan terbesar di Asia yang memberikan informasi terkini dan mendalam seputar industri digital dan membukakan peluang bagi para startup untuk bertemu calon investor, korporasi, pemerintah hingga para ahli di bidang teknologi, sukses terselenggara.

Acara yang dihadiri sebanyak 5.000 pengunjung, 100 pembicara, 250 investor dan 300 exhibitor ini merupakan yang ke-6 kalinya di Jakarta dan yang ke-18 di Asia. Dengan jumlah pengunjung yang meningkat 15% dari tahun sebelumnya, ajang Tech in Asia Jakarta 2017 menjadi bukti dari komitmen Tech in Asia dalam mendukung ekosistem startup dan teknologi di Indonesia dan Asia.

Hingga kuartal kedua tahun ini, pertumbuhan startup di Indonesia memang mengalami sedikit penurunan. Berdasarkan data yang dihimpun Tech in Asia, jumlah startup baru yang muncul hingga kuartal kedua 2017 mengalami penuruan hingga 23% dibandingkan 2016. Walaupun begitu, tren startup masih akan terus menguat dengan banyaknya jumlah investor yang mencari peluang untuk mendanai startup yang menjanjikan dan memiliki tren positif masih cukup tinggi.

Hendri Salim, Chief Executive Officer Tech in Asia Indonesia, mengupas lebih dalam mengenai situasi industri startup saat ini.“Berdasarkan data Startup yang akan berpartisipasi di Bootstrap Alley – Startup Exhibition Tech in Asia Jakarta 2017, startupstartup baru yang bermunculan masih cukup banyak didominiasi startup e-commerce. Walaupun begitu jumlahnya mulai turun dari tahun lalu dengan diikuti makin meningkatnya startup Software as ServiceFintechEducation hingga Advertising Technology.”

Sementara itu, Putra Setia Utama, COO Tech in Asia Indonesia melihat bahwa salah satu hal yang sering dilewatkan para penggiat startup di Indonesia adalah ketidaksiapannya dalam merencanakan strategi untuk meningkatkan revenue. “Itu sebabnya, kami ingin membantu para startup mengatasi tantangan tersebut dengan menghadirkan Revenue Stage. Kami berharap dengan sajian program yang menarik di panggung tersebutpara penggiat startup lokal agar memiliki perencanaan yang lebih matang saat ingin terjun ke industri ini,” ungkapnya.

Dibuka pada hari kedua acara, para pakar industri dari sejumlah perusahaan digital lokal seperti AVP Sales, Zomato Indonesia, Trisnia Anchali Kardia, serta COO, Kudo, Agung Nugroho, dan VP of Business Development, Faspay, Eddy Tju dan lainnya akan berbagi ilmu dan pengalaman mereka dalam merencanakan keuntungan bisnis hingga mengatur keuangan agar dapat berkembang dan bertahan hidup lebih lama.