Upaya TCASH untuk mendorong adopsi gaya hidup non-tunai di Indonesia mendapatkan respon positif dari pelanggannya. Setiap bulan, TCASH sukses memproses rata-rata lebih dari 10 juta transaksi dari beragam layanan dan kegunaan, di lebih dari 50.000 merchant outlets dan 100.000 titik layanan cash in (jaringan ATM, Indomaret, dan Alfamart) di seluruh Indonesia.
Keberhasilan ini tak lepas dari konsistensi TCASH dalam menjalin kolaborasi strategis dengan badan pemerintah, swasta, perbankan, dan merchant. Kolaborasi ini memungkinkan TCASH memberikan promo di merchant favorit pelanggan dan edukasi ke pelanggan mengenai benefit bertransaksi non-tunai.
Danu Wicaksana, CEO TCASH mengatakan, melihat tren positif ini pihaknya makin yakin untuk melengkapi ekosistem digital dengan inovasi teknologi terkini. Saat ini, TCASH sedang kami mengembangkan fitur inovatif e-KYC (electronic-Know Your Customer).
Danu menambahkan, di masa mendatang, TCASH akan menambah layanannya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan, termasuk layanan transportasi publik (kereta, bis, dan taksi); pengisian bahan bakar, parkir dan donasi digital; layanan finansial; serta penambahan jumlah merchant.
Peningkatan transaksi non-tunai ini juga disadari oleh McDonald’s Indonesia, salah satu rekan strategis serta merchant favorit pelanggan TCASH. Berdasarkan data di awal 2018, dari 181 outlet McDonald’s yang tersebar di 32 kota, telah terjadi peningkatan jumlah transaksi non-tunai sebesar lebih dari 30% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Hal ini menunjukkan semakin banyak pelanggan memilih bertransaksi non-tunai yang mudah dan cepat untuk menikmati menu favorit di McDonald’s.
Yanti Lawidjaja, Direktur IT & Finance McDonald’s Indonesia mengatakan, metode pembayaran non-tunai kini telah menjadi salah satu pilihan utama pelanggan, dimana TCASH menjadi electronic money yang sangat populer digunakan untuk bertransaksi di McDonald’s.
“TCASH, selain mudah cara penggunaannya, juga tersedia di mana-mana, dengan promosi yang selalu menarik dan sangat komunikatif. Karenanya, kami mengapresiasi kerjasama yang baik dengan TCASH yang sudah memasuki tahun ketiga, khususnya dengan berbagai tambahan keuntungan bagi pelanggan melalui promo-promo menarik di McDonald’s,” tuturnya.
Guna mendorong transaksi non-tunai bagi pelanggan setianya, TCASH dan McDonald’s Indonesia kini memberikan promo cashback 20% untuk seluruh transaksi, setiap hari kerja (Senin-Jumat), di seluruh gerai McDonald’s di Indonesia. Pelanggan cukup membayar menggunakan Tap (menempelkan stiker NFC TCASH atau fitur NFC di ponsel yang memiliki kapabilitas NFC di dalamnya) ke mesin EDC dan memasukkan PIN. Periode promo berlangsung sejak awal Februari hingga 31 Juli. Cashback akan secara otomatis ditambahkan ke saldo TCASH pelanggan.
“Dengan promo menarik bersama McDonald’s Indonesia ini, kami optimis dapat semakin mendorong masyarakat bertransaksi non-tunai menggunakan TCASH, guna mendukung program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) untuk mewujudkan cashless society yang ditargetkan oleh Pemerintah Indonesia,” tutup Danu.