Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Tanda-tanda Anda Kecanduan Blackberry

Tanpa sadar Anda selalu memeriksa Blackberry Anda kurang dari 5 menit sekali. Perasaan resah dan panik bila lupa membawa Blackberry. Apakah Anda terkena kecanduan handphone?  Seringkali kita melihat gambaran sekelompok orang makan bersama tapi tak saling berkomunikasi. Mereka sibuk dengan handphonenya masing-masing. Entah sekadar browsing, twitteran, memeriksa email, atau hanya mengecek handphone tanpa tujuan.

Dalam Journal Personal and Ubiquitous Computing yang merilis penelitian tentang kebiasaan secara kompulsif memeriksa handphone, hal ini sangat umum. Secara berulang-ulang seseorang bisa mengecek handphonenya paling tidak selama 30 detik dalam rentang waktu kurang dari 10 menit. Seseorang yang terkena gejala ini bisa bolak-balik memeriksa handphonenya sedikitnya 34 kali dalam sehari.

Apakah Anda termasuk orang yang kecanduan smartphone? Berikut tanda-tandanya:

1. Anda memeriksa email lebih dari yang Anda perlukan
Ketika sedang berada dalam meeting penting atau sedang berkonsultasi dengan dokter, Anda masih terpikir untuk selalu memeriksa Blackberry atau iPhone. Padahal mungkin saja pada jam tersebut aktivitas informasi di Blackberry atau iPhone Anda sudah mulai berkurang.

2. Membuat Orang Lain Kesal
Kebiasaan tersebut mulai menganggu orang sekitar Anda dan Anda menjadi cenderung mengabaikan orang di sekitar. Teman-teman Anda mulai berkomentar atau mengeluh terhadap ‘kesibukkan’ Anda. Bahkan ketika bertemu istri dan anak di rumah Anda masih tetap tak bisa berhenti lepas dari smartphone.

3. Resah dan gelisah bila tidak bisa memeriksa smartphone
Blackberry Anda tertinggal di rumah atau meeting dengan atasan yang menginstruksikan tidak boleh menyentuh handphone membuat Anda cemas dan resah. Bahkan di gym atau kolam renang Anda tak pernah terpikir untuk meninggalkan Blackberry Anda di loker.

Jika Anda merasa ‘dekat’ gejala-gejala tersebut mungkin Anda termasuk orang yang kecanduan smartphone, terutama Blackberry. (Sumber: wolipop.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top