Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Tampilkan Model Iklan Wanita Bergelar Doktor, Merek Ini Dapat Sambutan

Betabrand

Pernah dengar istilah ‘smart fashion’? Perusahaan yang satu ini benar-benar menerapkan istilah tersebut untuk produk fashion-nya. Betadrand, e-commerce crowdsourcing berbasis di San Fransisco menampilkan para wanita cerdas dalam balutan serangkaian koleksi pakaian musim semi dalam iklannya.

Tak tanggung-tanggung, para wanita ini adalah mahasiswi kandidat doktor dan yang sudah bergelar doktor. “Kami mencari wanita dengan gelar doktor,” ujar Cofounder Betabrand, Chris Linland kepada CoCreate.

Jangan bayangkan para wanita ini tampil seperti kutu buku. Mereka layaknya model iklan profesional yang mampu bergaya di depan kamera dan tentu saja memiliki nilai plus, yaitu image ‘cerdas’. Image inilah yang diharapkan juga akan melekat para produk fashion Betabrand.

Betabrand cukup berani untuk mengambil ‘jalur’ yang tidak biasa ini. Tak hanya imagesmart fashion’ sejati yang mungkin berhasil melekat pada produknya, tetapi juga mungkin memecah belah persepsi masyarakat awam pada umumnya tentang profesi model iklan yang dinilai sekadar cantik penampilan fisik.

“Ketika Anda melihat barisan para profesional yang cantik, fotografi menjadi jauh lebih menyenangkan,” kata Linland. “Desainer kami mengolah serangkaian koleksi smart fashion untuk musim semi, jadi kenapa tidak kita tampilkan saja pakaian tersebut melalui para wanita berotak cerdas?” lanjutnya.

Dari mana Betabrand mendapatkan model langsing, tinggi, cantik dan cerdas ini? Linland mengatakan bahwa para modelnya adalah keluarga dan kolega dari tim Betabrand.

Ia menanyakan seorang mahasiswa pascasarjana neuropsychology Standford jika ada temannya yang tertarik untuk menjadi model. Selain itu, Betabrand juga mengumumkan perekrutan melalui media sosial. Hasilnya, cukup responsif dengan mendaftarnya 60 wanita dari seluruh dunia.

Chris Lindland yang tidak memiliki latar belakang fashion dan apparel sama sekali ini dikenal berani dalam menampilkan produknya dengan ide-ide iklan yang segar. Sebelumnya, ia dan Betabrand sukses menggelar Model Citizen untuk produknya, di mana konsumen bisa menjadi model.

Berbeda dengan situs fashion pada umumnya yang menampilkan foto-foto para penggemarnya, Betabrand menjadikan mereka benar-benar seperti superstar untuk produknya. Dari situlah kemudian terjadi percakapan dunia maya tentang Betabrand dan Model Citizen.

Sepertinya kali ini, ide menampilkan para wanita cantik dan cerdas cukup berhasil. Begitu pula dengan image ‘smart fashion’ yang melekat pada produknya. Diakui Linland sejauh ini idenya direspon baik oleh para follower dan pelanggan Betabrand.

“Sejauh ini bagus. Banyak tweet. Banyak penjualan. Doktor, pengacara, dan MBA meminta fashion yang difokuskan untuk mereka,” papar Linland kepada Adweek. Menariknya, bisa jadi Betabrand satu-satunya merek apparel yang menargetkan konsumen wanita dengan strata pendidikan tinggi.

Sumber: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top