Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

T-Kiosk, Solusi Kasir Digital Pengganti EDC Konvensional

Jakarta, 8 Oktober 2018 – Telkomsel berkolaborasi dengan PT Distribusi Voucher Nusantara (DIVA), anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) menjalin kerjasama solusi Kasir Digital. Solusi yang diberi nama  T-Kiosk ini merupakan sebuah layanan aplikasi Electronic Data Capture (EDC) multi-fungsi berbasis android.

Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan, kerjasama dengan DIVA memperluas jalinan kemitraan Telkomsel sampai ke tingkat SME akar rumput (grass root). Kerjasama ini juga sejalan dengan misi Telkomsel untuk memperkuat penetrasi Device, Network dan Application (DNA). “Dalam mendorong penetrasi DNA tersebut memerlukan langkah nyata dan strategi bersama yang melibatkan berbagai pihak termasuk pelanggan segmen Small Medium Enterprise (SME),” katanya.

Sukardi menambahkan, Telkomsel merupakan satu-satunya operator yang menyediakan 200 dedicated account manager nasional yang siap melayani pelanggan Small Medium Enterprise dan Large Enterprise. Hingga kini lebih dari 30.000 account SME di Indonesia yang telah bermitra dengan Telkomsel.

Kerja sama Telkomsel – DIVA

Berbeda dengan mesin EDC yang biasanya hanya berfungsi sebagai terminal pembayaran, aplikasi T-Kiosk memiliki banyak fungsi antara lain melakukan distribusi produk digital, update produk, laporan penjualan, laporan keuangan, dan lainnya. Aplikasi T-Kiosk dapat digunakan oleh pelanggan segmen SME mulai November 2018. Dalam pengoperasiannya, pengguna dapat mendaftar melalui Telkomsel melalui Account Manager atau agen-agen yang telah ditunjuk sebagai penyedia layanan.

Pengguna aplikasi T-Kiosk mendapatkan beberapa benefit antara lain paket internet 2GB untuk koneksi Diva Smart Outlet ke server aplikasi dan penggunaan Diva Smart Outlet. Untuk proses pembayaran selain menggunakan digital payment dari TCASH, T-Kiosk ini juga dilengkapi dengan fasilitas pembayaran non tunai baik untuk Debit Card maupun Credit Card, Contactless Card untuk kartu e-money, QR Payment, serta dapat mengeluarkan struk sebagai bukti pembayaran atas transaksi.

Komisaris Utama DIVA dan Direktur Utama MCAS, Martin Suharlie mengatakan, sebagai digital business converter & accelerator, DIVA menargetkan dapat memodernisasi dan melengkapi SME di Indonesia dengan teknologi dan berbagai produk inovatif baik digital maupun non-digital yang dapat meningkatkan daya saing UMKM. “Kami berkeyakinan untuk dapat mendorong pertumbuhan usaha mereka dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mendigitalkan 8 Juta SME di tahun 2020,” jelas Martin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top