Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

[Survei] DANA, Dompet Digital dengan Pertumbuhan Paling Pesat di Kuartal Ketiga 2021

Marketing.co.id – Berita Financial Services|  Menurut survey YouGov, dompet digital mengalami kenaikan jumlah pengguna di kuartal III 2021, terutama pengguna usia di atas 35 tahun. Fakta menarik, survei yang melibatkan lebih dari 4.000 responden secara nasional itu menunjukkan bahwa DANA menjadi dompet digital dengan pertumbuhan terpesat dalam hal jumlah pengguna (+4%).

Jumlah pengguna DANA di Kuartal III 2021 tumbuh hingga 43%, melanjutkan tren pertumbuhan di dua kuartal sebelumnya. Pertumbuhan ini dipicu oleh bertambahnya pengguna baru dari kalangan usia 25-34 tahun (32% dari jumlah pengguna DANA) dan kalangan usia di atas 35 tahun (34%) yang di antaranya termasuk pengguna pemula.

“Hasil survei ini menunjukkan semakin banyak masyarakat yang percaya terhadap kemudahan, keamanan, dan kenyamanan yang dihadirkan DANA sebagai solusi terintegrasi dalam memenuhi berbagai kebutuhan transaksi. Bertambahnya pengguna juga merefleksikan tumbuhnya kesiapan keuangan digital masyarakat. Kami percaya, adanya percepatan adopsi digital keuangan ini kelak berimbas positif terhadap pemulihan ekonomi nasional dari tantangan pandemi,” kata Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA

Survei YouGov juga menunjukkan keberhasilan DANA memperkuat posisinya sebagai dompet digital yang paling digemari untuk transaksi pengiriman uang. DANA banyak dipilih untuk melakukan transfer uang (29% responden) setelah mobile banking (42% responden) dan transfer melalui ATM (38%).

Selain pengiriman uang, pertumbuhan jumlah pengguna juga didukung penggunaan fitur-fitur yang meningkat dibandingkan kuartal kedua 2021, di antaranya isi ulang pulsa ponsel (26%) dan pembayaran Online Commerce (17%). Menariknya, salah satu fitur sosial DANA yaitu DANA Donasi, terpantau makin banyak digunakan.

Persepsi pengguna terhadap DANA juga kian membaik di kuartal ketiga 2021 khususnya pengguna di usia 18 – 24 tahun yang menilai DANA dari segi kualitas layanan yang ditawarkan. Masyarakat menilai DANA aman, proses pembayaran online yang mudah, terkoneksi dengan beragam aplikasi dan diterima di mana-mana, user-friendly, dan bebas biaya administrasi.

Kinerja positif yang ditorehkan DANA menurut survey YouGov tidak lepas dari kampanye #BEBASDRAMA yang digaungkan melalui lintas kanal media, termasuk media sosial, “Kepercayaan pengguna akan kami jadikan acuan untuk terus melakukan inovasi serta mengomunikasikan manfaat dan nilai lebih yang dapat mereka rasakan saat bertransaksi digital menggunakan DANA,” tandas Monita.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top