Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Super Indo Self Check Out, Pertama di Indonesia

Belanja di supermarket memang menyenangkan, karena kita bisa mengambil sendiri produk yang ingin kita beli. Namun sebal rasanya jika harus mengantri saat membayar di kasir. Maksud hati ingin segera membayar, namun apa daya antrian di kasir teramat panjang. Jika kita berbelanja di Super Indo hal demikian tidak akan terjadi, karena supermarket ini sudah dilengkap dengan fasilitas Self Check Out, yang memungkinkan pelanggan memproses sendiri pembayaran tanpa bantuan kasir.

Yuvlinda, Head of Corporate Affairs &Sustainability Super Indo (pertama dari kiri) dan Wirawan Winarto, VP Operation Super Indo (ketiga dari kiri) sedang menyaksikan pelanggan yang menggunakan Self Check Out

Fasilitas Self Check Out memberikan pengalaman berbelanja yang bukan menyenangkan, namun juga lebih praktis dan efisien. Untuk sementara Self Check Out baru tersedia di Super Indo Teraskota, BSD, Tangerang. Untuk menggunakan fasilitas Self Check Out, pelanggan Super Indo cukup melakukan 3 langkah sederhana, yakni Scan, Pay, dan Pack saat melakukan pembayaran.

Scan adalah kegiatan memindai produk, Pay melakukan pembayaran secara non tunai (kartu kredit, kartu debit, e-money, gift card Super Indo), dan melakukan Pack atau mengemas barang belanjaan. Redaksi Marketing.co.id  sempat mencoba fasilitas Self Check Out  di Super Indo Teraskota, dan ternyata cara penggunannya mudah, termasuk ketika akan membayar, karena tinggal mengikuti perintah di monitor yang tersedia di Self Check Out.

Wirawan Winarto, VP Operation Super Indo mengatakan, Super Indo selalu berinovasi dan mencoba memberikan pengalaman berbelanja yang terbaik kepada pelanggan. “Setelah berbelanja, pelanggan bisa langsung menuju konter self check out tanpa harus mengantri di kasir dengan melakukan langkah-langkah mudah, pindai produk yang hendak dibeli, membayar non tunai, lalu mengemasnya. Belanja jadi lebih muda dan cepat,” tutur Wirawan dalam perkenalan fasilitas self check out, di Super Indo Teraskota, Rabu (7/3).

Wirawan menambahkan, di negara-negara maju fasilitas Self Check Out di supermarket merupakan hal jamak. Beda dengan Indonesia yang masih menganggap fasilitas Self Check Out hal baru. Saat ini, Super Indo menjadi Supermarket  pertama di Indonesia yang menggunakan konter Self Check Out.  “Dalam waktu dekat kami akan menghadirkan fasilitas Self Check Out di beberapa gerai Super Indo di Jabodetabek, sehingga lebih banyak pelanggan yang bisa menikmatinya,” tuturnya.

Yuvlinda, Head of Corporate Affairs &Sustainability Super Indo menegaskan, fasilitas Self Check Out merupakan inovasi terkini dari Super Indo. Konter ini dirancang khusus untuk mempersingkat waktu saat pembayaran, karena pelanggan tidak perlu antri di kasir. Untuk sementara Self Check Out baru bisa  memproses transaksi hingga 8 item produk.

Yuvlinda mengatakan, Super Indo terus meningkatkan daya saingnya dengan memberikan berbagai fasilitas dan layanan. Tersedia layanan bakar dan goreng gratis bagi pelanggan yang membeli ikan segar. “Kalau yang ini namanya Super Kiosk, bisa untuk membeli pulsa telepon dan listrik, membayar iuran BPJS Kesehatan, dan mengecek harga produk yang dijual di Super Indo,” tutur wanita berambut panjang ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top