Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Super Indo Bersama EWINDO Bantu Petani Lokal Jadi Pemasok Sayur

PT. East West Seed Indonesia (EWINDO) dan BNI, pada Senin 30 Mei 2016, melakukan kerjasama strategis antara kedua belah pihak. Kerjasama ini bertujuan untuk membantu petani lokal menggunakan benih serta produk holtikultura yang berkualitas tinggi sehingga layak jual di ritel modern seperti Super Indo.

super indo kerjasama ewindo

Super Indo bekerjasama dengan Ewindo. (Foto: Lia Lilyanti/Majalah Marketing)

Dalam kesempatan itu Wirawan Wiranto, VP Operation Super Indo, mengatakan, “Tantangan Super Indo dalam menyediakan sayur segar berkualitas, adalah pasokan yang teratur dengan kualitas standar. Kerjasama ini memungkinkan Super Indo untuk memasok langsung produk sayuran dari petani yang dijamin baik karena berasal dari benih yang baik dan dipasok dengan teratur,”

Sebagai supermarket dengan banyak produk segar, Super Indo membutuhan pasokan sayuran dan buah segar berkualitas secara rutin di semua gerainya untuk pelanggan. Di sisi lain, EWINDO, yang menjadi produsen benih sayuran dengan merk “cap Panah Merah” membina berbagai kelompok tani sehingga dapat menghasilkan sayuran berkualitas dan memenuhi standar untuk dapat dijual kepada pelanggan supermarket tersebut.

“Kerjasama EWINDO dan Super Indo ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen kami dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani sayuran Indonesia melalui solusi pemasaran dan sekaligus dukungan untuk memajukan industri holtikultura nasional,” ujar Afrial Gindow, Sales and Marketing Director PT. East West Seed Indonesia (EWINDO).

Selain serapan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Super Indo juga mengupayakan petani bisa memperoleh pembayaran dengan periode yang jauh lebih pendek untuk menjaga perputaran modal yang stabil. Sejak 2013, Super Indo telah bermitra kerjasama dengan BNI dalam sistem pembayaran cepat, di mana minimal pembayaran kepada petani adalah 3 (tiga) hari dan maksimal adalah 14 hari.

Fahrudin, perwakilan petani lokal yang telah menjadi pemasok sayuran di Super Indo dan menjadi petani binaan EWINDO mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terbantu dengan sistem pembayaran yang dilakukan oleh BNI. Pembayaran yang dia terima sangat cepat sehingga dia bisa menggunakan pembayaran itu untuk kembali melakukan perputaran modal yang stabil. Dukungan pendanaan dari BNI, dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian petani dan memastikan periode produksi yang teratur

Misi Super Indo adalah mempromosikan gaya hidup yang hijau sehat. Konsep Urban Farming yang berkembang saat ini dapat menjadi salah satu solusi mengembalikan ruang hijau yang mulai hilang di perkotaan. Kerjasama EWINDO dan Super Indo diharapkan dapat memenuhi sebagian kebutuhan akan bahan pangan yang segar dan sehat melalui Urban Farming dengan menyediakan benih berkualitas di seluruh jaringan Super Indo.

Lia Lilyanti

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top