Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Sukses BCA Expoversary Online 2021 dan Faktor Conventional-DigiBank

Marketing.co.id Berita Financial Services | Bank adalah urat nadi perekonomian, karena itu dalam kondisi apapun bank harus mampu menjalankan fungsinya, termasuk di masa pandemi Covid-19. Salah fungsi perbankan yang paling penting adalah sebagai institusi yang menjembatani berbagai transaksi pembayaran (payment).

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, melontarkan pernyataan yang menarik terkait payment. Menurut Jahja, sejak dulu BCA meyakini bahwa urat nadi bisnis adalah payment. “Boleh ada dana dan pinjaman, tapi jika tidak ada saluran di tengahnya akan buntu, seperti orang yang tiba-tiba aliran darahnya buntu akan mengalami struk atau gagal jantung,” kata Jahja saat acara virtual award “The Most Loyal Customer BCA” di Jakarta, pada Rabu (24/3/2021).

Karena itu, untuk memperlancar proses bisnis di seluruh Indonesia, BCA diperkuat dengan ribuan cabang dan puluhan ribu ATM. BCA yang saat ini menginjak usia delapan windu memiliki 1250 cabang dan 17 ribu ATM. “Sebelum datangnya era digital, kantor cabang dan ATM sangat penting bagi masyarakat Indonesia yang masih cash society,” tegas Jahja.

Ketika era digital datang BCA juga melakukan berbagai terobosan dengan menghadirkan berbagai channel digital banking seperti Internet Banking dan Mobile Banking yang berbasis aplikasi. Kini, nasabah BCA makin terbiasa bertransaksi melalui channel Internet Banking atau Mobile Banking. Meski begitu, lanjut Jahja, BCA juga tetap melayani nasabah yang masih bertransaksi melalui kantor cabang. Pertimbangannya karena nasabah BCA dari segi usaha sangat beragam, dari usia senior yang gagap teknologi sampai anak-anak muda yang digital savvy. “Transaksi di cabang sekarang kurang dari 2% persen, sekitar 98% transaksi melalui internet banking, mobile banking, ATM, karena itu BCA juga disebut sebagai conventional digital bank,” ungkap Jahja.

Baca juga: CIMB Niaga Andalkan Digital Banking untuk Layani Nasabah Selama Libur Akhir Tahun

Kesuksesan acara BCA Expoversary Online 2021 sebenarnya membuktikan keberhasilan BCA yang mengusung konsep conventionaldigital bank (DigiBank). Gelaran BCA Expoversary Online 2021 yang dilaksanakan sejak  27 Februari hingga 27 Maret menjadi memberikan berbagai solusi perbankan terkini bagi seluruh pengunjung. Karena seperti kita ketahui, pandemi membatasi ruang gerak masyarakat, karena harus mengikuti protokol kesehatan. Untuk meminimalisir penularan Covid-19, berbagai aktivitas bisnis pun harus dilakukan secara virtual, termasuk pameran atau ekspo.

1 Juta penggunjung dan 20 ribu transaksi

Pameran virtual yang dapat diakses melalui laman expo.bca.co.id sukses mendatangkan 1 juta pengunjung dan 20 ribu transaksi. Jika kita menghitung tingkat konversi antara pengunjung yang datang dengan transaksi yang terjadi (conversion rate) hasilnya mencapai 2%. Angka 2% biasanya menjadi patokan dalam mengukur kesuksesan conversion rate dalam dunia e-commerce.

Baca juga: Tarif Super Seller 0.5% di Bukalapak, Termurah diantara E-Commerce Indonesia

“Tidak terasa, satu bulan penuh sudah rangkaian BCA Expoversary telah berlangsung. Selama satu bulan tersebut, Kami berusaha mempermudah nasabah dan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan hunian impian, kendaraan idaman, dan beragam solusi perbankan BCA. Kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme masyarakat yang telah ikut berpartisipasi pada gelaran ini. Kami mencatatkan antusiasme pengunjung yang berhasil menembus angka lebih dari 1 juta pengunjung dalam satu bulan penyelenggaraan” ujar Wakil Presiden Direktur BCA, Suwignyo Budiman, saat penutupan BCA Expoversary Online 2021, Sabtu (27/03) .

Suwignyo menegaskan, gelaran ini juga sebagai upaya nyata BCA untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah.

Petrus Karim Ketua Panitia BCA Expoversary Online 2021 menuturkan, meskipun masih dalam keadaan terbatas, BCA bangga dapat menyuguhkan gelaran yang berbasis teknologi ini.

“BCA juga mengapresiasi semangat masyarakat yang tidak pernah surut untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami meskipun gelaran dilakukan secara online. Kami bangga pada gelaran ini juga dapat mencatatkan lebih dari 20 ribu jumlah transaksi yang terjadi,” paparnya.

Closing Ceremony BCA Expoversary Online 2021

Gelaran BCA Expoversary Online 2021 resmi ditutup pada Sabtu (27/03) oleh Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman. Pada gelaran ini telah mencatatkan kesuksesan angka pengunjung dan jumlah transaksi, panitia mencatatkan lebih dari 1 juta pengunjung dan lebih dari 20 ribu jumlah transaksi. BCA berharap dapat menyelenggarakan kegiatan expo semacam ini secara online.

Pada penyelenggaraan tahun ini, BCA menggandeng 88 pengembang dengan lebih dari 280 proyek hunian dan 170 kantor agen properti. Disamping itu, terdapat 18 merek mobil ternama dari 400-an diler mobil yang menawarkan beragam benefit untuk pembelian merek-merek ternama di antaranya Mercedes-Benz, BMW, Porsche, Mitsubishi, Honda, serta mobil listrik Hyundai Ioniq; dan tak ketinggalan 14 merek motor seperti Benelli, Cleveland Cyclewerks, Gesits, Piaggio Vespa, Yamaha dan sebagainya.

Tidak hanya solusi hunian dan kendaraan, pada gelaran ini BCA juga menyediakan beragam solusi pembiayaan, diantaranya penawaran pembiayaan usaha dengan bunga menarik mulai 5,58% serta beragam cashback untuk pembelian reksa dana dan asuransi perlindungan diri. Tak ketinggalan, Flazz edisi khusus “Chibi” dijual pada periode penyelenggaraan BCA Expoversary Online 2021.

“Komitmen kami untuk terus senantiasa di sisi nasabah turut mendorong kami untuk menyongsong tahun 2021 dengan optimistis. Kesuksesan gelaran ini tentunya tidak lepas dari kolaborasi yang dilakukan oleh semua pihak. Ke depannya bukan tidak mungkin bagi BCA menyelenggarakan kegiatan-kegiatan expo semacam ini secara online kembali,” tutup Petrus.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top