Studi Visa Ungkap eCommerce Sarana Ideal Jawab Kebutuhan Konsumen

Marketing.co.id – Berita Financial | Visa mengumumkan lebih banyak temuan penting tentang bagaimana selera belanja konsumen Indonesia telah semakin bergeser ke arah eCommerce. Menurut survei Visa , kondisi ‘new normal’ telah mendorong banyak konsumen Indonesia untuk mempertimbangkan platform eCommerce sebagai sarana ideal untuk membayar kebutuhan mereka, dengan top-up dan pembayaran tagihan sebagai kategori yang paling banyak digunakan.

Menurut studi tersebut, tiga produk dan layanan terpopuler yang dibeli di platform eCommerce selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah top-up dan pembayaran tagihan (49%), belanja ritel (45%), dan pemesanan makanan (34%). Pengiriman gratis (69%) dan voucher diskon (64%) adalah fitur penawaran eCommerce yang paling dicari konsumen saat melakukan pembelian.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, mengatakan, “Pandemi saat ini terus mengakselerasi pergeseran menuju perdagangan yang mengutamakan digital, diperkuat oleh terjadinya lonjakan first-time online shoppers dan belanja contactless. Studi  menunjukkan banyak konsumen telah merasakan manfaat eCommerce dalam mengelola transaksi sehari-hari mereka, termasuk membayar listrik, air, telepon rumah, telepon seluler, internet, dan tagihan berlangganan lainnya.”

Studi tersebut juga mengungkapkan tiga metode pembayaran eCommerce terpopuler selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah dompet digital (65%), transfer bank (30%), dan transfer ke akun virtual (27%). Sementara itu, pembayaran dengan kartu kredit dan debit terus diminati di platform eCommerce didorong penawaran diskonnya yang menarik.

Riko menambahkan, dalam kampanye ‘Lebih Nyaman NonTunai’ kami, Visa terus aktif bermitra dengan platform eCommerce untuk mendukung pertumbuhan usaha kecil dan mikro, dengan menawarkan promosi diskon yang menarik baik bagi penjual maupun konsumen.

“Kami yakin inisiatif seperti ini dapat membantu konsumen untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka secara lokal, dan bagi UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia untuk terus bertahan dan bertumbuh di masa-masa yang penuh tantangan ini,” imbuh dia.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.