Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Street Concert, Lengkapi Deretan Iklan Thailand yang Emosional

streetconcertthailifeSetelah “Giving”, “Unsung Hero”, “The Power of Love” dan sederet lainnya iklan yang bikin air mata menetes, kali ini Thailand punya iklan terbaru dari Thai Life berjudul “Street Concert”. Masih dengan elemen emosional yang sama, “Street Concert” tampil sedikit berbeda dari iklan Thailand pada umumnya dengan memasukkan sedikit sentuhan musikalitas dalam iklannya.

Ngomong-ngomong soal musik, memang apa untungnya sih kita bisa bermain alat musik? Untuk mencari teman baru? Mencari pacar? Untuk pamer di media sosial? Bisa jadi. Tapi kata Thai Life musik bisa juga untuk mengobati kanker. Setidaknya itu yang digambarkan dalam iklan ini.

Street Concert bercerita tentang seorang siswa yang bermain musik untuk meraup receh demi receh untuk menghidupi dirinya dan ibunya yang terkena kanker. Awalnya, teman-teman sekolahnya mengejeknya karena permainan musiknya yang aneh.

Saat suatu hari mereka pun akhirnya mengetahui siswa yang dipanggil “Nuts” itu bermain musik untuk ngamen demi membantu pengobatan ibunya yang terkena kanker. Berhenti mengejek, mereka membantunya menyetel gitar dan ngamen bersama. Lagu dalam iklan ini cukup menghibur dengan liriknya yang menyentuh hati.

Iklan-iklan perusahaan asuransi ternama di Thailand ini selalu menonjolkan momen-momen kemanusiaan dalam keseharian. Tak hanya adegan dan lirik lagunya yang menyentuh hati, klaim bahwa cerita ini berdasarkan kisah nyata memberikan tambahan daya tarik iklannya yang satu ini.

iklan-iklan Thailand sepertinya sudah menemukan formula iklan yang tepat – tanpa ekspos logo atau produk yang intens dan menyuguhkan cerita menyentuh – untuk menjaring audience. Lihat saja “Unsung Hero” yang sudah ditonton hingga sekitar 17 juta kali di YouTube. Ada pun “Street Concert” sejauh ini sudah ditonton sekitar 3 juta kali sejak dirilis pada 5 Agustus.

Namun, kita tak tahu apakah dengan menerapkan formula semacam ini terus menerus audience tidak akan bosan dan terbukti membuat mereka mau membeli produk dari pengiklan. Seperti kita tahu, tujuan dari iklan selalu untuk meningkatkan sales pada akhirnya. Iklan banyak ditonton tapi apabila pada akhirnya tidak menaikkan sales artinya iklan tidak efektif.

Bagaimana menurut Anda iklan Thai Life ini?

(Berbagai sumber)

https://www.youtube.com/watch?v=k0KzquDdSM8

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top