Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Strategi Sariayu Martha Tilaar Hadapi Revolusi Industri 4.0

Marketing – Digital marketing dinilai menjadi salah satu strategi paling efektif untuk melakukan promosi di era revolusi industri 4.0. Faktanya sudah banyak perusahaan yang sukses menerapkannya, diantaranya Sariayu Martha Tilaar.

Sepanjang tahun 2019 kinerja merek kosmetik lokal ini terus menunjukkan tren positif. Bahkan beberapa merek di kategori skincare dan makeup base di bawah naungan PT Martina Berto Tbk mampu bertumbuh sekitar 5%-8% di tengah kondisi ekonomi dan persaingan yang cukup ketat.

Selain itu, Sariayu juga berhasil memperbaiki laba bersihnya menjadi 12,4% di tahun yang sama. Tentunya pencapaian ini tak lepas dari berbagai strategi yang diterapkan perusahaan, termasuk kampanye pemasaran di ranah digital.

“Sariayu fokus melakukan pemasaran digital untuk produk skin care dan make up base. Digital marketing akan terus diperkuat dengan komunikasi yang informatif dan interaktif ke target market yang tepat,” kata B. Kunto W. Widarto, Managing Director PT Martina Berto Tbk.

Langkah nyatanya, Sariayu telah telah memperkuat asset digital baik dari segi website, sosial media, youtube dan memanfaatkan kekuatan masing-masing platform atau dengan kata lain omni digital channel. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari strategi bisnis yang dilakukan Sariayu untuk dapat bersaing di ranah digital.

“Kami juga akan terus memperkuat kerjasama dengan influencer, KOL dan komunitas untuk memperkuat review produk kami,” tambahnya.

Selain kinerja bisnis yang membaik, kesuksesan Sariayu diranah digital juga ditandai dengan keberhasilan meraih penghargaan. Salah satunya Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 yang diinisiasi oleh Tras N Co Indonesia dan Infobrand.id untuk kategori Pelembab Wajah, Masker Wajah, Krim Pemutih dan Bedak Muka Padat.

Bidik Pertumbuhan 8%

Di tahun 2020, Sariayu menargetkan pertumbuhan yang konservatif sebesar 8%, namun tetap fokus ke perbaikan laba bersih. Selain dari ranah digital, strategi lain yang dilakukan untuk bisa mencapai target tersebut adalah dengan memperkuat ekuitas merek.

“Kami juga akan fokus produk di kategori yang masih bertumbuh, konsisten menggarap konsumen baru ,serta mengeluarkan produk baru yang menarik dan inovatif,” beber Kunto.

Terkait produk barunya, tahun ini Sariayu meluncurkan “Sariayu Color Trend Inspirasi Sumba”. Menurut Kunto, ini adalah rangkaian produk make-up dengan keunggulan multi benefit, multi fungsi dengan warna-warna yang tahan lama, ringan, glowing dan dapat menjaga kelembaban kulit, karena dibuat dengan menggunakan teknologi Staymoist Avocado Lock.

Sariayu Color Tren Inspirasi Sumba terdiri dari 3 produk, yaitu Lip & Cheek, Cheek Palette dan Eye Make-up Kit. Lip & Cheek sendiri merupakan produk yang dapat dipakai baik sebagai lipstick maupun blush on.

Sementara Cheek Palette adalah produk yang dapat dipakai sebagai blush-on, highlighter dan conturing. Dan Eye Make-up Kit adalah produk yang berfungsi sebagai eyeliner, eye shadow dan eye brow.

Lebih lanjut, Sariayu konsisten mengangkat kandungan natural dari alam Indonesia. Bahkan ada produk Sariayu yang komponen bahan bakunya 98% berasal dari bahan natural.

Tak hanya itu, Sariayu konsisten menjalankan salah satu pilar perusahaan -Beauty Green- yang diwujudkan melalui pendekatan Clean Beauty yaitu bebas dari bahan berbahaya, tidak diuji pada hewan, tidak merusak lingkungan dan halal.

Semua produk Sariayu sudah merambah pasar internasional seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, Hongkong, China, Mauritius dan beberapa negara di Afrika Timur. Bahkan di tahun 2019, perkembangan pasar ekspor telah tumbuh pesat hingga 120%.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top