Strategi Memperkuat Komunikasi Brand dan Kepercayaan Pelanggan di Era Digital

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Setiap hari pelanggan dibanjiri ratusan pesan dan notifikasi, bagaimana cara brand memperkuat komunikasi dan kepercayaan pelanggan?

Marketing.co.id – Berita Digital | Di dunia yang terus berubah ini, penting bagi perusahaan dan brand untuk membangun dan menjaga kepercayaan pelanggan, khususnya karena setiap hari pelanggan dibanjiri ratusan pesan dan notifikasi.

Dalam survei preferensi konsumen yang dilakukan Twilio pada 2024, terungkap bahwa 75% konsumen yang menerima branded message mengaku keberadaan identitas brand dalam pesan meningkatkan kepercayaan mereka. Sementara, hampir separuh (49%) dari mereka mengatakan akan lebih percaya dengan suatu brand jika dalam pesan yang dikirimkan terdapat logo atau tanda centang (verifikasi).

Kepercayaan ini berujung pada tindakan, di mana 4 dari 10 konsumen terdorong untuk membeli kembali, dan 1 dari 4 melakukan pembelian perdana ketika brand menggunakan saluran komunikasi yang tepercaya.

RCS merupakan satu bagian penting untuk menciptakan komunikasi yang aman dan tepercaya antara brand dengan konsumen di berbagai saluran, termasuk melalui identifikasi panggilan masuk dengan brand (branded caller ID) dan dukungan untuk Brand Indicators for Message Identification (BIMI) pada email.

Solusi yang ditawarkan Twilio tersebut dapat mendukung bisnis menciptakan komunikasi interaktif dan tepercaya yang akan membuat bisnis tampil beda dalam pasar yang kompetitif serta mendorong tercapainya imbal hasil investasi.

“Kami percaya bahwa proses membangun interaksi dengan pelanggan harus terjadi tanpa hambatan dan dengan jaminan keamanan,” ujar Inbal Shani, Chief Product Officer di Twilio Communications.

“RCS mewujudkannya dengan menghadirkan interaksi yang lebih kaya, jaminan pesan tersampaikan, dan yang paling penting, membangun kepercayaan terhadap brand Anda, semua tanpa perlu mengubah satu baris pun dari kode pemrograman,” ujarnya menambahkan.

Bagi bisnis yang membutuhkan saluran komunikasi yang lebih dinamis dan interaktif, RCS menawarkan alternatif yang lebih aman, lebih tepercaya, dan lebih baik dari SMS. Meski dalam berbagai kasus SMS tetap jadi alat yang penting, RCS menawarkan platform standar dan kaya fitur yang dapat mengatasi kesenjangan antara komunikasi pesan tradisional dengan pengalaman interaktif yang ditawarkan saluran over-the-top (OTT) seperti WhatsApp.

Penggunaan pesan dengan identitas brand memastikan bisnis dapat menghadirkan pengalaman menarik tanpa hambatan yang sesuai bagi pelanggan dan memperkuat kepercayaan mereka terhadap brand.

Menurut studi terbaru yang dilakukan Futurum Research, bisnis yang memanfaatkan RCS melaporkan peningkatan interaksi pelanggan dan tingkat konversi hingga 32% dibandingkan dengan ketika mereka menggunakan SMS biasa.

“Dengan kemampuan RCS untuk menghasilkan konten yang lebih kaya dan lebih interaktif, seperti gambar, video, dan berbagai tombol, bisnis dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong peningkatan imbal hasil investasi,”papar Paul Nashawaty, Practice Lead, Application Development and Modernization di Futurum.

Fitur perpesanan RCS Twilio tersedia bagi semua pengguna layanan Programmable Messaging secara global dalam versi beta untuk umum dan untuk sebagian besar pengguna Verify. Jika sebelumnya penggunaan RCS terbatas hanya pada perangkat Android, kini sesuai dengan pengumuman terbaru Apple mengenai dukungan iPhone untuk RCS mulai September 2024, akan lebih banyak bisnis yang mengadopsi teknologi terbaru ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here