Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Strategi Membuat Siaran Pers yang “Mengundang”

siaran persBanyak cara yang telah digunakan oleh para PR untuk menarik perhatian media, salah satunya adalah dengan membuat judul yang menarik dan isi yang jelas. Tapi itu bukanlah cara untuk membuat fokus para awak media tertuju pada brand dan siaran pers yang Anda sebarkan.

Menyebarkan siaran pers sama saja dengan berkompetisi. Jangan berpikir hanya Anda yang menyebarkan siaran pers. Jika Anda tidak menarik perhatian wartawan, maka ada kemungkinan bahwa berita Anda tidak akan di tulis.

Buat interaksi sosial

–          Melayani para awak media sangat disarankan. Namun jangan lupa untuk meletakkan pesan merek ke dalam informasi yang mereka butuhkan.

–          Bukan hanya sekadar memberi informasi, berikan pula beberapa hal yang menarik dan berguna agar media bisa memberitakan dan memperkuat pesan Anda.

Pemberian link

–          Memberikan nama atau data–data penting yang panjang pada siaran pers malah akan membuat para wartawan pusing. Lebih baik berikan link yang menyuguhkan banyak nama atau data.

–          Pemberian link yang tepat kepada situs web atau media sosial juga akan meningkatkan jumlah pengunjung kepada situs merek Anda.

Format siaran pers

–          Gunakan judul yang tweet-able (tak lebih dari 100 karakter). Jika dirasa kurang, berikan informasi tambahannya di paragraf awal.

–          Gunakan poin–poin untuk merangkum beberapa hal yang penting dan menarik.

Kembangkan komunikasi visual

–          Berikan beberapa bentuk visual pada siaran pers yang akan Anda sebarkan, misalnya berupa infografik, video, foto, atau semacamnya. Tak berbeda jauh dengan mesin pencari dan media sosial, pemberian bentuk visual dapat memprioritaskan konten visual.

–          Dengan membuat beberapa bentuk visual, merek Anda akan dapat dilihat oleh beberapa orang yang mengakses beberapa channel di dunia digital, seperti YouTube, Instagram, dan sejenisnya.

Buat semenarik dan se-memorable mungkin

–          Mungkin Anda dapat memberikan beberapa kutipan tokoh dunia, pelanggan, atau siapapun yang bisa menarik perhatian. Anda juga bisa meletakkan apapun yang memorable bagi khalayak.

Anda bisa memilih beberapa cara di atas untuk kemudian dicocokkan dengan siaran pers yang akan Anda buat. Atau mungkin Anda sudah memiliki cara sendiri yang lebih baik? Yang jelas, mendatangkan siaran pers yang agak berbeda pada kerumunan orang akan membuat merek Anda semakin mudah dikenali.

 

Sumber: PRDaily.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top