Strategi Marketing Kreatif dan Menguntungkan

Marketing.co.id– Dalam dunia bisnis, strategi marketing memang mempunyai peranan yang sangat penting. Salah satu peranannya bagaimana mendapatkan perhatian dan ketertarikan dari calon konsumen. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara ekstrim untuk menarik simpati para konsumen.

Apa strategi marketing yang bisa ditiru dari para pengusaha yang sukses memasarkan produk unggulannya?

Berikut adalah lima strategi marketing kreatif yang bisa di jalankan untuk mendapatkan banyak pelanggan sehingga menguntungkan:

 

1. Rangkul beberapa kalangan untuk menjadi Brand Ambassador
Tak bisa kita pungkiri bila kehadiran Brand Ambassador menjadi salah satu alat promosi yang cukup efektif. Dalam hal ini, tentunya tidak harus menyewa artis terkenal dengan bayaran yang sangat mahal, namun bisa memanfaatkan tokoh masyarakat ataupun orang-orang di sekitar yang sekiranya memiliki prestasi cukup bagus sebagai duta produk.

Misalnya saja dengan menggandeng para atlet lokal, para pelajar yang memenangkan olimpiade sains tingkat dunia, dan lain sebagainya.

 

2. Menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan
Merealisasikan ide pemasaran unik ternyata tidak hanya melalui dunia nyata saja. Namun juga, bisa menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan (jejaring social) yang bisa dijangkau seluruh konsumen dengan mudah dan murah menggunakan jaringan internet.

Bila restoran Steak Kiloan memberikan kebebasan bagi para konsumen untuk memilih ukuran daging sesuai dengan selera, pelaku bisnis Steak Hotel Holycow lebih memanfaatkan twitter untuk mempromosikan restorannya.

Caranya yakni dengan memberikan satu porsi tiramisu gratis pada setiap pelanggan yang mention @holycowsteak dalam tweetnya. Strategi tersebut cukuplah sukses, sehingga wajar adanya bila setiap hari para konsumen rela mengantri untuk menikmati seporsi steak hotel ala Holycow dan mendapatkan tiramisu gratis dari aktivitas mention yang mereka lakukan.

 

3. Ciptakan sesuatu yang berbeda
Ketika yang lainnya mulai seragam, coba tampil sesuatu yang beda untuk mendapatkan perhatian khusus dari para konsumen. Contohnya saja seperti kesuksesan strategi pemasaran yang dijalankan restoran “Steak Kiloan” di Jakarta Timur, dimana mereka menjual steak berdasarkan berat daging (per kilogram), sehingga para pengunjung bisa memilih sendiri daging sapi yang akan mereka santap dan menyesuaikan ukurannya dengan perut serta kondisi kantong dompet masing-masing.

Dengan konsep pemasaran yang terbilang unik (pertama di Indonesia) ini, tidak heran bila restoran Steak Kiloan tersebut selalu ramai dikunjungi konsumen dan mendatangkan omset penjualan yang cukup besar setiap harinya.

 

4. Libatkan peran aktif para konsumen
Selain menggandeng beberapa public figure sebagai brand ambassador produk yang akan di pasarkan,  selanjutnya juga bisa melibatkan para konsumen untuk berperan aktif dalam menjalankan strategi promosi.

Dengan dicontohkan seperti strategi promosi produk kosmetik Pond’s melalui program promosinya Pond’s Make it Happen, sang produsen ingin membangun loyalitas konsumen dengan mengajak mereka untuk bisa mewujudkan mimpi atau cita-citanya bersama produk Pond’s.

 

5. Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen
Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang terpenting adalah pahami kebutuhan konsumen dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Strategi seperti ini bisa dilihat dari iklan produk baru Unilever “Pure it” (pemurni air) untuk keluarga yang menggunakan teknologi canggih, sehingga bisa menghasilkan air minum yang aman dikonsumsi tanpa perlu membutuhkan bahan bakar gas maupun listrik.

Melalui terobosan baru yang diciptakan, tidak menutup kemungkinan bila kedepannya para konsumen akan tertarik dengan produk yang akan tawarkan dan semakin loyal dengan perusahaan yang akan dijalankan. (BinisUkm / HN)

 

 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.