Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Strategi Juara Snack, Jadi Juara Selama PSBB

Marketing.co.id – Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), banyak masyarakat yang melakukan pekerjaan serta belanja dari rumah. Perilaku berbelanja mulai beralih dari toko offline ke onlineMarketplace besar berebut konsumen dengan menghadirkan banyak diskon menarik minat para konsumen untuk berbelanja. Banyak produk yang menawarkan diskon dan diantaranya adalah camilan. Pencarian produk dengan kata kunci “camilan” atau “makanan ringan” di platform marketplace mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan hal ini berdampak cukup besar bagi UMKM khususnya yang menjual camilan.

Fitria Hadiah, Pemilik “Juara Snack”. Foto: Istimewa.

Juara Snack, dimiliki oleh Fitria Hadiah, seorang enterpreneur dengan latar belakang sebagai pekerja kreatif di digital advertising agency. Menjual berbagai macam camilan yang diberi merek Juara Snack, usaha Fitria yang awalnya dimulai dengan menyuplai produk ke toko camilan  offline di daerah Mampang, kini berkembang pesat. Memasarkan produknya di Lazada, Fitria kini telah memiliki 15 karyawan freelance untuk membantu operasional toko.

Sejak mahasiswa, ia tidak segan berjualan apa saja demi menempa diri menjadi entrepreneur. Pun ketika memasuki dunia kerja, ia tetap berjualan makanan ringan sebagai tambahan pemasukan. Menawarkan camilan secara offline ke tokok-toko, namun kemudian dia menemukan bahwa model bisnis tersebut sulit bertahan.

Berbekal pengalaman kerjanya, tak lama kemudian perlahan-lahan akhirnya ia merubah pola bisnisnya dari offline ke online dan mulai melakukan berbagai riset, analisis, serta menyusun strategi untuk branding. Masih dengan berbagai jenis camilan, ia mengemas ulang produknya lalu kemudian diberi merek yang menarik dan mulailah ia memasarkan secara online Juara Snack.

Perlahan dan pasti serta dibantu oleh tim dari Lazada, Juara Snack akhirnya telah menjadi pemain besaridi kategori snack. Saat situasi sulit di tengah pandemi Covid-19, Fitria justru memberi lapangan pekerjaan baru melalui bisnisnya tersebut. Selama masa pandemi ini, jumlah pesanan pesanan produk Juara Snack meningkat sangat pesat. Berkat adanya Lazada Birthday promo dan promo Ramadhan, pesanan meningkat dari 100-200 pesanan harian hingga menjadi 1,000 pesanan harian. Mereka sempat kewalahan, bahkan membatasi pesanan untuk sementara agar dapat memenuhi pesanan yang masuk.Banyaknya pesanan membuat Fitria menambah 15-20 orang tenaga kerja dari jumlah karyawan sebelumnya, lima karyawan tetap dan lima karyawan lepasan. 80% pesanan berasal dari tokonya di Lazada.

Fitria mengungkapkan Juara Snack telah mencapai level 7 untuk kategori sellers di platform tersebut dan ia selalu diingatkan untuk menambah produk atau mempercantik tampilan tokonya. Ia berharap banyak UMKM seperti Juara Snack yang dapat terbantu oleh platform marketplace yang ada sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang terutama di masa yang penuh tantangan seperti sekarang ini.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top