
Kisah sukses Dorskin membawa inovasi hybrid skincare dan meraih peningkatan pesanan hingga 30x lipat di eCommerce
Marketing.co.id – Berita UMKM | Dunia kecantikan lokal Indonesia yang semakin berkembang pesat, siap memasuki babak baru berkat pertumbuhan brand-brand lokal yang kian mencuri perhatian. Salah satunya Dorskin.
Mengusung konsep hybrid skincare, Dorskin berhasil menawarkan solusi yang multifungsi untuk perawatan kulit. Produk-produknya dapat digunakan dengan berbagai manfaat seperti moisturizer, sleeping mask, hingga obat totol pereda jerawat dalam satu produk.
Konsep ini sukses menarik perhatian generasi muda atau remaja yang selalu mencari kepraktisan dalam perawatan kulit. Tak sampai disitu, strategi penjualan yang memaksimalkan teknologi dan platform online juga memainkan peran penting dalam perjalanan bisnisnya.
Lewat ambisi dan ketekunannya, owner Dorskin Theodora Icha telah melihat potensi dan peluang besar dalam bisnis kecantikan Indonesia sedari duduk di bangku kuliah. Dengan riset yang mendalam terhadap tren dan kebutuhan pasar selama lebih dari setahun, Dorskin langsung kenalkan lewat strategi penjualan online di Shopee pada 2021.
Mengingat pandemi melanda saat itu, keputusan berjualan online dan kemudian mengatur strategi baru ke ranah live stream melalui Shopee Live dan Shopee Video pada 2022, menjadi sebuah langkah tepat yang membuka peluang besar. Setelah setahun berkomitmen fokus memaksimalkan fitur interaktif Shopee Live, Dorskin merasakan dampak positif lewat peningkatan pesanan hingga 30 kali lipat pada semester pertama 2024, dibanding tahun lalu.
Icha mengungkapkan bahwa persaingan brand lokal kecantikan saat ini bisa dibilang sudah black ocean. Dalam lanskap bisnis yang semakin kompetitif, kita tidak hanya harus berhadapan dengan banyaknya merek lokal yang bermunculan, tetapi juga dengan berbagai tantangan yang membutuhkan strategi inovatif dalam memanfaatkan teknologi secara maksimal.
“Di sinilah fitur belanja interaktif seperti Shopee Live berperan sebagai sarana pemasaran yang sangat efektif untuk semakin dekat dengan generasi muda. Dari yang hanya siaran langsung dua jam saat kampanye angka kembar, tahun ini kami berhasil melakukan Shopee Live 24/7 setiap harinya. Rasanya senang sekali melihat antusiasme pengguna Shopee terhadap produk kami, di mana Shopee Live berhasil berkontribusi lebih dari 50% terhadap total pendapatan transaksi Dorskin di Shopee selama semester pertama 2024,” ujarnya.
Bagi Dorskin, Shopee Live bukan hanya platform untuk memasarkan produk secara real-time, tapi berhasil membantu menjangkau customer lebih luas dengan penjelasan produk yang lebih interaktif, dapat berkomunikasi langsung, menjawab pertanyaan, bahkan membaca tren kecantikan yang berkembang. “Tidak hanya bisa menarik pengguna mengunjungi toko kami saat live, tapi juga memberikan kemudahan customer bisa langsung membeli produk yang diinginkan lewat konten yang mereka lihat,” tambah Icha.
Strategi Dorskin Menarik Perhatian Generasi Muda Indonesia
Tentunya, perjalanan Dorskin dalam menghadirkan inovasi hybrid skincare di Indonesia tidak hanya berhenti di situ. Inovasi dan adaptasi terhadap kebutuhan pasar menjadi kunci utama kesuksesan Dorskin. Dengan pendekatan yang “fun” untuk generasi muda, Icha memastikan setiap produk Dorskin tidak sekadar mengikuti tren tetapi juga memberikan solusi nyata bagi permasalahan kulit, khususnya yang dialami remaja.
Dalam tiga tahun terakhir, Dorskin telah berhasil merebut hati lebih dari 500 ribu pejuang jerawat para remaja. Dorskin juga sukses melahirkan berbagai macam produk perawatan jerawat dengan konsep hybrid and fun, seperti Matcha Glow Dream Mask, Dorskin Hydra Moiscreen, Pimple Power Cover, Acne Calming Potion, dan Cica Dream Gentle Cleanser.
Menurut Icha, Dorskin sangat memerhatikan setiap proses produksi yang semuanya dilakukan secara lokal, baik itu pemilihan bahan hingga pengelolaannya. Dimulai dari tim kecil, seiring meningkatnya permintaan pasar yang tinggi berkat strategi pemasaran interaktif, tahun ini tim Dorskin berkembang hingga mencapai 100 karyawan, mencakup berbagai posisi dari tim inti hingga bagian operasional.
Tak hanya itu, lewat quality control yang mendalam, setiap produk yang dihadirkan telah melalui berbagai tahapan keamanan dan teruji klinis, bekerja sama dengan laboratorium independen dan ahli dermatologi.
“Lewat pemanfaatan fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video ini menjadi cara kami memperkuat posisi sebagai merek lokal yang dekat dengan generasi muda. Oleh karena itu, kami berusaha menciptakan konten yang menarik, segar, dan relevan. Penggunaan musik yang viral, efek tren terkini, tema yang sesuai, hingga format konten yang interaktif dan menghibur dirancang untuk menarik perhatian dan meningkatkan keterlibatan audiens muda. Tentunya, setiap konten live maupun video juga dipadukan dengan informasi produk serta elemen-elemen yang relatable bagi pejuang jerawat di luar sana,” pungkas Icha.