Strategi Digital Mowilex hingga Meraih Top Social Media Award 2023

[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Direktur Marketing PT Mowilex Indonesia Anna Yesito Wibowo

Perjalanan Mowilex membangun arsitektur digital hingga meraih Top Social media Award 2023

Marketing.co.id – Award Achievers | Salah satu dampak nyata dari Pandemi Covid-19 adalah semakin terbiasanya Masyarakat menggunakan gawai yang terhubung dengan internet. Milai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan dan kepentiangan, seperti membaca berita, mencari hiburan, belanja online hingga belajar online.

Perusahaan pun juga semakin terbiasa menjalankan aktivitas digital marketing. Salah satunya adalah Mowilex. Bahkan, produsen cat dan pelapis premium yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun ini sudah terjun ke dunia digital sejak sebelum terjadinya pandemi. Dimana pada tahun 2013, Mowilex telah menjadikan digital sebagai sebuah channel edukasi baru bagi konsumen untuk mendapatkan informasi terkait produk secara lebih lengkap.

“Mowilex telah membangun arsitektur digitalnya sejak 10 tahun lalu sehingga memberikan jejak digital yang baik untuk keterpaparan brand dan terus berprogress dalam pencarian digital Mowilex di internet,” ujar Direktur Marketing PT Mowilex Indonesia Anna Yesito Wibowo.

Menurut Anna, dengan populasi 81% penduduk Indonesia yang telah terhubung dengan dunia digital, Mowilex sangat fokus dan agresif mengembangkan channel digital marketing sejak 5-6 tahun lalu.

Beberapa pilar strategi digital Mowilex yaitu mengembangkan website dengan User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang lebih user friendly untuk memudahkan konsumen dalam mencari informasi produk dan berita perusahaan. Corong-corong komunikasi digital pun terus diperbesar melalui iklan digital. Tujuannya tidak segera untuk menghasilkan penjualan, namun sebagai awareness serta pusat informasi terkait produk, promo, dan cara penggunaan produk.

Sebelum melakukan pembelian sebuah barang, konsumen akan melakukan riset produk secara digital, riset harga, riset layanan hingga akhirnya memutuskan melakukan pembelian. Kehadiran informasi produk-produk Mowilex yang lengkap secara daring pun menjadi penting.

Pada tahun 2023, Anna mengatakan, strategi yang dilakukan Mowilex adalah melakukan penguatan serta penekanan di semua lini digital dan terus menerus melakukan analisa konten yang tepat bagi konsumen, hingga memperluas jangkauan kepada konsumen melalui iklan digital. Peningkatan kerja sama dengan para influencer juga merupakan bagian dari strategi digital marketing, sejalan dengan topik home and living saat pandemi. Konsumen pun dapat melihat langsung melalui media sosial lewat konten-konten dari para influencer.

Lebih lanjut Anna menguraikan bahwa target Mowilex di tahun 2023, yaitu meningkatkan target menjadi dua kali lipat dibanding target sebelumnya, baik dari penambahan follower maupun engagement. Mowilex pun juga membuka layanan pembelian online melalui berbagai official market place dan melengkapi layanan Loyalty Program Mowilex Reward (MORE) melalui aplikasi yang bisa diunduh pelanggan.

TOP Social Media Award 2023

Dari segala upaya yang dilakukannya, Mowilex berhasil mendapat TOP Social Media Award 2023. Ini merupakan penghargaan kelima yang diterima Mowilex di tahun ini. Survei ini menurut Anna merupakan survei yang bagus dalam pengukuran indeks positif dan negatif share of voice sebuah brand di media sosial sehingga membuat brand berbenah diri maupun mempertahankan kualitas yang sudah dicapainya, serta mampu memberikan semangat untuk menambahkan inovasi pada strategi digital marketing sebuah brand.

“Mowilex sangat mengapresiasi telah dianugerahi TOP Social Media Award. Ini membuktikan bahwa pelanggan di luar sana, memberikan percakapan positif terhadap brand Mowilex yang artinya misi dan visi Perusahaan kami telah berhasil, yaitu memberikan produk yang terpercaya dengan kualitas terbaik bagi konsumen. Dengan penghargaan ini tentunya memberikan Mowilex semangat untuk terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan,” kata Anna.

Untuk mempertahankan penghargaan yang suda diraihnya, Anna mengatakan Mowilex akan mempertahankan performa baik atas layanan dari customer service digital serta memberikan apresiasi terhadap keterlibatan konsumen terhadap Mowilex di dunia digital. “Kami sangat mengapresiasi para konsumen yang sangat mencintai produk Mowilex sehingga terus menerus menjadi ‘suara untuk brand’ yang sangat positif, penghargaan ini merupakan kehormatan bagi Mowilex,” lanjut Anna.

Tips

Bagi Anna, kunci sukses dalam melakukan digital marketing adalah pengelolaan media sosial melalui SDM yang mumpuni yang memiliki passion terhadap media sosial dan memahami kebutuhan konsumen terhadap brand.

Kunci selanjutnya adalah teknologi atau platform yang memadai yang akan mempermudah SDM dalam melakukan tugasnya untuk mengelola media sosial. Selanjutnya adalah anggaran yang cukup untuk mempertahankan keterpaparan brand pada media sosial. Dan, terakhir adalah pengukuran kinerja dengan metrik yang jelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here