Strategi AXA Mandiri dan AXA Ciptakan Ekosistem Kerja Bagi Milenial

Marketing – Berdasarkan data IDN Times dalam laporan Indonesia Milennial Report 2019, preferensi milenial tentang kerja dilihat dari fasilitas pengembangan diri yang lebih baik berada di urutan pertama sebanyak 25,6%, besaran gaji di urutan kedua sebanyak 17,1%, kondisi lingkungan kerja mencapai 15%, waktu kerja dan sesuai passion sebanyak 12,1%.

Melihat kondisi tersebut, tak ayal mendorong beberapa perusahaan untuk menciptakan ekosistem kerja yang inovatif dan inspiratif, guna membantu generasi milenial dalam mengembangkan karier. Salah satunya adalah AXA Mandiri dan AXA berinisiatif untuk memberikan kenyamanan bekerja, sekaligus kesempatan untuk berkembang dan berekspresi – baik pribadi maupun profesional, sesuai dengan karakter generasi milenial yang unik.

Julien Steimer, Country CEO AXA di Indonesia menyatakan, bahwa AXA Mandiri dan AXA yakin inisiatif untuk membentuk lingkungan kerja yang nyaman dapat menghasilkan SDM yang mumpuni dan bersaing di industrinya. Tak hanya itu, AXA Mandiri dan AXA juga memberikan pengembangan karier yang berkelanjutan, sehingga industri asuransi menjadi pilihan yang menjanjikan untuk generasi milenial dalam bekerja.

Axa group

“Saat ini, AXA Mandiri dan AXA sebagai bagian dari AXA Group yang menjadi official principle partner Liverpool F.C ini didominasi oleh generasi milenial, yaitu sebanyak 71% dari total karyawan, bahkan sebanyak 42% di antaranya berada di level manajerial. Dengan kondisi tersebut, budaya kerja perusahaan tentunya turut berkembang sesuai dengan kebutuhan dan karakter karyawan,” kata dia.

Di saat yang sama AXA Mandiri dan AXA juga memberikan informasi dan edukasi mengenai budaya kerja dan peluang berkarier di perusahaan asuransi kepada masyarakat luas melalui rangkaian kegiatan employer branding, salah satunya berupa video seri. Video tersebut berisikan gambaran budaya kerja yang kondusif dan dinamis untuk mendukung kreativitas dan pola pikir karyawan di AXA Mandiri dan AXA. Video ini tayang di bioskop-bioskop di Jakarta.

Dia menambahkan, melalui berbagai inisiatif tersebutlah AXA Mandiri dan AXA mendapatkan penghargaan Best Companies to Work for in Asia 2019 versi Majalah HR ASIA, lembaga media publikasi internasional untuk para profesional di bidang Human Resources. “Kami juga menyediakan wadah untuk berkreatifitas dan manajemen waktu kerja yang fleksibel agar para karyawan memiliki keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi yang baik,” tambah Julien.

Axa group

Tak hanya terbuka bagi generasi milenial, Handojo G. Kusuma, Presiden Direktur AXA Mandiri menjelaskan, AXA Mandiri juga memberikan kesempatan bagi masyarakat muda untuk memiliki jenjang karier yang menjanjikan di perusahaan. “Industri asuransi menyediakan ragam profesi dari berbagai disiplin ilmu yang dapat dikembangkan, salah satunya adalah profesi aktuaris,” jelas Handojo.

Seperti diketahui, profesi aktuaris memiliki peranan yang penting di industri asuransi dan diprediksi akan terus berkembang, sesuai dengan perkembangan industri asuransi nasional. Untuk membantu mengembangan profesi ini, AXA Mandiri dan AXA menjalin kemitraan dengan Universitas Gadjah Mada mulai dari pelatihan, beasiswa hingga kesempatan magang.

“AXA Mandiri memiliki program beasiswa berupa program Pendidikan Strata 2 MM Strategy Business dan pelatihan kepemimpinan di dalam dan luar negeri untuk high potential employee,” lanjut Handojo.

Niharika Yadav, Presiden Direktur PT AXA Financial Indonesia (AFI) menyatakan, AXA mendukung dan mengedepankan adanya kesetaraan gender, baik pria maupun wanita memiliki kesempatan yang sama untuk berkarier di AXA. Saat ini, lebih dari 20% dari total jajaran manajemen AXA di Indonesia diduduki oleh wanita.

“Di AXA Financial sendiri, 80% dari total jajaran direksi diduduki oleh wanita. Hal ini menunjukkan bahwa AXA mendukung para karyawan wanita memiliki kesempatan berkarier dan menduduki posisi Top Management,” imbuh dia. Tidak hanya mengedepankan kesetaraan gender, AXA juga memiliki inisiatif perusahaan yang mengutamakan pengembangan diri karyawan melalui ekosistem kerja dan kegiatan karyawan berkelanjutan.

Melalui berbagai inisiatif tersebut, AXA Mandiri dan AXA tidak hanya berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang inovatif dan inspiratif bagi karyawannya saja, tetapi juga membuka wawasan masyarakat mengenai lingkungan dan profesi yang bisa digeluti di dunia asuransi.

“Kami berharap banyak ide-ide kreatif, inovatif dari para milenial yang dapat terus berkembang sejalan dengan kemajuan perusahaan. Kami berharap ide tersebut dapat diimplemantasikan secara nyata bagi kemajuan industri ini terutama dalam mendukung peningkatan penetrasi asuransi di Indonesia dan kemajuan perekonomian bangsa,” tutup Julien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.