Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Strategi Allianz Indonesia Kembangkan Industri Keuangan Syariah

Marketing – Dalam dua dekade terakhir, industri keuangan syariah terus berkembang dan mengalami pertumbuhan yang pesat di seluruh dunia, baik di negara berpenduduk mayoritas muslim maupun non-muslim.

Strategi Allianz Indonesia

Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, secara signifikan memperlihatkan adanya peningkatan akan kebutuhan solusi finansial yang sesuai dengan nilai-nilai syariah.

Berangkat dari hal tersebut, unit usaha syariah dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Syariah) secara rutin dan berkesinambungan melakukan sosialisasi dan edukasi produk asuransi syariah, baik kepada mitra bisnis keagenan maupun kepada masyarakat luas.

Beberapa langkah yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai asuransi syariah secara rutin terutama ke kampus-kampus dan membuka akses seluas-luasnya bagi para milenial yang ingin memperdalam pemahaman mengenai asuransi syariah.

Salah satu kegiatan sosialisasi yang baru-baru ini dilakukan adalah menyelenggarakan seminar nasional bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Seminar dengan tema “Mencari Alternatif Baru Strategi Pengembangan Industri Keuangan Syariah Indonesia Dalam Menghadapi Persaingan Global” ini menghadirkan praktisi dan akademisi yang peduli terhadap pengembangan industri keuangan syariah.

“Di tengah arus persaingan global, asuransi syariah harus menjadi ekosistem industri halal. Tren kesadaran halal ini bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan kesadaran berasuransi syariah. Dengan adanya kolaborasi antara pelaku industri dan lembaga pendidikan ini diharapkan akan dapat melahirkan gagasan-gagasan baru untuk mendukung industri keuangan syariah di Indonesia,” kata Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah, Allianz Life Indonesia.

Selain bekerja sama dengan lembaga pendidikan, strategi lain yang dilakukan adalah dengan terus melakukan inovasi pada produk-produknya, seperti meluncurkan produk Flexi CI Syariah, serta Fitur Wakaf untuk melengkapi produk Allisya Protection Plus. Menginisiasi program #BerlipatnyaBerkah, serta memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital terutama untuk meningkatkan pengalaman nasabah dan juga mitra bisnis terkait dengan proses penjualan, administrasi polis, pemeliharaan polis termasuk penanganan klaim.

“Seluruh strategi yang dijalankan merupakan bentuk komitmen kami untuk mengembangkan industri keuangan syariah, sambil terus memperluas jangkauan perlindungan asuransi di Indonesia,” tutup Yoga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top