Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Startup Ini Daur Ulang iPhone Rusak

TwicedUsedAnda punya iPhone rusak? Saatnya mengunjungi bengkel ponsel terdekat atau beli saja yang baru. Tapi, ada lho layanan startup yang menginginkan iPhone rusak dan melakukan sesuatu yang baru dari iPhone tersebut: mengubah iPhone rusak menjadi barang lain yang benar-benar baru.

Chris Koerner baru-baru ini meluncurkan kampanye di Kickstarter dalam rangka mencari uang untuk proyeknya yang disebut Twice Used. Layanan Twice Used ini adalah mengambil iPhone rusak dan menggunakannya untuk membuat aksesoris seperti anting dan jam.

Ketika bekerja di gerai bengkel iPhone, Koerner memperhatikan bahwa banyak bagian dari iPhone rusak dibuang begitu saja. Itu artinya bagian-bagian tersebut kemungkinan berakhir di pembuangan sampah yang berpotensi merusak lingkungan.

Koerner percaya bahwa barang-barang unik yang ia dan timnya kini tawarkan – seperti jam dinding yang terbuat dari 12 panel kaca iPhone – bisa membuat smartphone yang dicampakkan lebih berguna.

“Akan selalu ada pasar untuk ini,” kata Koerner seperti yang dikutip Mashable. “Orang-orang selalu dan akan selalu mendapati ponsel mereka rusak… jika bukan karena pengalaman saya memperbaikinya, saya tak akan pernah tahu bahwa material ini berbahaya bagi lingkungan.”

Bagian-bagian dari iPhone yang dimanfaatkan untuk membuat barang-barang unik umumnya berasal dari bengkel lain.

Meskipun pengguna iPhone tak bisa mengirimkan smartphone rusak mereka secara langsung ke Twice Used, siapapun bisa membeli barang yang terbuat dari iPhone rusak dengan mengunjungi situs Kickstarter. Kampanye di Kickstarter dirancang untuk titik temu pembelian sampai tim meluncurkan situs resminya sendiri.

Seperti yang dijelaskan oleh Koerner, setiap desain terbuat dari satu hingga 100 bagian untuk membuatnya jadi objek baru. Kampanye di Kickstarter akan membantu menutup biaya terkait materi tambahan produksi dan biaya tenaga kerja.

Hingga kini kampanye Twice Used yang akan berakhir pada 18 Desember telah mendapatkan US$2,220 dari target US$10,000

Sumber: Mashable

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top