Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Srikandi Bukalapak Pemenang Pertama UN Women 2020 Awards

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Bukalapak melalui program Srikandi Bukalapak berhasil menjadi pemenang pertama Indonesia UN Women 2020 Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards untuk kategori Gender Responsive Marketplace. Prestasi ini diraih karena Bukalapak memiliki kebijakan yang mendorong kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan di perusahaan maupun di aktivitas bisnis.

Penghargaan Bukalapak sebagai pemenang Gender Responsive Marketplace.

Sejak dilaksanakan sebagai program untuk komunitas pelapak Bukalapak mulai tahun 2017, Srikandi Bukalapak menjadi program pemberdayaan yang khusus ditujukan untuk para pelaku UMKM perempuan. Melalui program ini, mereka didorong agar dapat lebih siap dan sigap melihat kesempatan yang ada dari setiap tren industri, pemanfaatan teknologi, serta kebutuhan konsumen dan tantangan bisnis yang terus berubah. Hal ini menjadi fokus penting bagi Bukalapak yang berkomitmen untuk terus memberdayakan pelaku UMKM perempuan, yang jumlahnya mencapai lebih dari 60% menurut data Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2019.

Penghargaan bergengsi ini diterima oleh Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak. “Misi Bukalapak adalah menciptakan ekonomi yang adil untuk semua, kami ingin semua orang memiliki akses dan kemampuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan komersial tanpa batas apapun termasuk gender,” tutur Rachmat dalam sambutannya.

Baca juga: Ketidaksetaraan Gender Masih Menjadi Momok Bagi Perempuan

Rachmat mengungkapkan, saat ini sekitar 30% pelapak Bukalapak adalah perempuan dan pihaknya ingin terus meningkatkan angka ini. “Melalui komunitas Srikandi, kami menyediakan keterampilan seperti manajemen waktu, manajemen keuangan dan kemampuan untuk menangani masalah keluarga dan kesehatan untuk meningkatkan efektifitas mereka sebagai pengusaha. Kami juga tidak bekerja sendiri dalam inisiatif ini, kami terus terbuka untuk berkolaborasi dengan lembaga lain untuk mempromosikan kesetaraan gender,” imbuh dia.

Turut hadir juga dalam ajang penghargaan virtual tersebut pada tahun ini, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam H.E. Vincent Piket, serta UN Resident Coordinator Indonesia Valerie Julliand.

Ajang penghargaan UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Awards, yang diselenggarakan oleh program WeEmpowerAsia dengan dukungan Uni Eropa, menghargai inisiatif perusahaan swasta di Indonesia dalam mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam 6 kategori: Kepemimpinan, Kepemimpinan Muda, Tempat Kerja yang Inklusif Gender, Tempat Usaha yang Responsif Gender, Pelibatan Komunitas dan Industri, serta Aksi Covid-19.

Baca juga: Kesetaraan Gender Harus Terus Digaungkan di Dunia Kerja

Women’s Empowerment Principles (WEPs) adalah sebuah inisiatif gabungan dari UN Women dan UN Global Compact. Inisiatif ini bertujuan mendukung perempuan untuk berpartisipasi penuh dalam kehidupan ekonomi; dan mendorong tujuh langkah yang dapat dilakukan bisnis untuk memajukan kesetaraan gender di tempat kerja, tempat usaha dan komunitas. Hingga hari ini, lebih dari 3,800 perusahaan dari seluruh dunia telah menandatangani WEPs, termasuk lebih dari 40 perusahaan di Indonesia.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top