Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam beberapa tahun terakhir banyak perubahan dan perkembangan yang terjadi. Dimana masa pandemi telah menjadi katalisator meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi.
Kemudian pasca pandemi, ekonomi Indonesia diharapkan kembali membaik, sehingga daya beli masyarakat juga dapat ikut mengalami peningkatan. Karena penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah, Allianz Life Indonesia sebagai pelaku industri asuransi jiwa dan kesehatan senantiasa berupaya untuk terus mengeksplorasi peluang untuk memberikan edukasi dan literasi ke lebih banyak segmen masyarakat.
“Kami percaya bahwa dengan meningkatnya kesadaran dan literasi akan pentingnya perlindungan asuransi, akan membantu banyak masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan asuransi yang mereka butuhkan,” ujar Bianto Surodjo Business Director Allianz Life Indonesia kepada Majalah Marketing.
Dalam menawarkan produk, Bianto menjelaskan, Allianz selalu berfokus pada kebutuhan nasabah yang berbeda-beda. Allianz menawarkan produk-produk terbaru yang inovatif untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut. Untuk nasabah kelas menengah atas, Allianz menyediakan produk-produk yang tentunya cocok bagi mereka, seperti produk-produk yang memberikan pertumbuhan aset, perlindungan, maupun perencanaan waris.
Untuk kelompok nasabah yang berbeda, misalnya pengendara jasa transportasi online, Allianz menyediakan produk yang sesuai, seperti asuransi kesehatan dengan premi berbayar harian (Rp3000 per hari) yang didistribusikan melalui aplikasi.
Demikian pula dengan varian produk-produk syariah Allianz, terutama yang ditujukan kepada nasabah yang menginginkan produk syariah. Beberapa waktu yang lalu, Allianz meluncurkan produk yang memberikan manfaat wakaf sehingga nasabah tidak hanya memberikan perlindungan pada keluarganya, tetapi wakaf tersebut bisa juga menghasilkan amal jariyah bagi pemilik polis.
Selain produk dan layanan asuransi, Allianz juga melakukan berbagai pendekatan yang bersifat edukatif dan informatif, untuk berbagai segmen nasabah serta masyarakat umum yang memiliki kebutuhan bervariasi. Sebagai contoh, secara regular Allianz memberikan informasi dan edukasi seputar pengetahuan umum asuransi melalui beberapa channel komunikasi, seperti email rutin kepada nasabah, konten media sosial, webinar dan talkshow, juga ruang berita yang bisa diakses di website resmi perusahaan. Di samping itu, Allianz juga terus melakukan digitalisasi di setiap aspek bisnis untuk memaksimalkan pengalaman positif nasabah dalam berasuransi dengan Allianz.
“Bagi Allianz Indonesia, nasabah adalah prioritas utama. Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk melindungi masa depan nasabah dan komitmen kami untuk mengasuransikan sebanyak mungkin masyarakat Indonesia,” ujar Bianto.
Hari Pelanggan Nasional 2023
Allianz Life Indonesia turut merayakan Hari Pelanggan Nasional 2023. Menurut Bianto, Hari Pelanggan Nasional adalah momen dimana Allianz melakukan special engagement dengan para nasabah, baik yang berinteraksi secara langsung dengan mendatangi walk-in customer service pada tanggal 4 September 2023, maupun program lainnya yang disediakan melalui program loyalty pada aplikasi Allianz Smartpoint. Pada aplikasi ini, Allianz memberikan banyak benefit yang dapat dimanfaatkan nasabah seperti bonus point, point redemption, dan berbagai penawaran menarik lainnya.
“Kami berharap melalui berbagai program ini, nasabah kami semakin merasakan benefit secara langsung dengan memiliki perlindungan asuransi, selain tentunya perlindungan finansial jangka Panjang,” pungkasnya.