Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Speaker Talent 2013, Mengasah Kemampuan Bicara di Depan Publik

www.marketing.co.id – Kemampuan berbicara di depan orang banyak sudah menjadi keharusan bagi para mahasiswa karena sejatinya mahasiswa terkenal dengan kaum intelektual, parameter intelektualitas mahasiswa bisa dilihat dari kemampuannya untuk berbicara di depan umum. Intinya, mahasiswa sebagai imtelektual seharusnya mampu berbicara di depan umum.

Namun kebanyakan orang menganggap, berbicara di depan umum adalah hal yang sangat sulit. Beberapa alasan dari pernyataan ini adalah mental yang berkurang ketika berhadapan di depan orang banyak dan juga sedikitnya pengalaman untuk berbicara di depan orang banyak.

Dari pernyataan diatas terkait kendala dalam berbicara di depan umum, semua bisa diatasi asalkan kita memiliki kemauan yang tinggi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Di sini ada beberapa strategi yang bisa kita pelajari untuk menguasai cara berbicara di depan umum agar terlihat menarik, yaitu:

1. Arahkan pandangan Anda kepada para hadirin. Bila tidak tertuju pada mereka, Anda akan nampak sebagai pembicara yang tidak percaya diri, gugup dan malu-malu. Pembicara yang baik biasanya memandang beberapa saat ke satu arah sebelum beralih ke arah yang lain.

2. Perhatikan suara Anda. Bicaralah secara mantap dengan artikulasi yang jernih. Anda perlu bicara dengan suara yang mantap dan melafalkan setiap kata dengan jelas. Atur intonasi (tekanan suara) terutama untuk menekankan hal-hal penting. Pergunakan tempo bicara secara tepat, kapan harus cepat dan kapan harus lambat. Peranan suara sangat memengaruhi kualitas pembicaraan Anda. Materi yang baik dan sikap yang tepat perlu diimbangi dengan suara yang jelas dan enak didengar.

3. Usahakan agar pembicaraan Anda komunikatif. Sebaiknya Anda tidak menggunakan bahasa yang asing atau istilah-istilah yang tidak dikenal oleh sebagian pendengar Anda agar pesan yang Anda sampaikan dapat diterima dan dimengerti dengan mudah

4. Buatlah pembicaraan Anda semenarik mungkin. Berilah contoh yang mudah dimengerti, kisah nyata, ilustrasi dan humor yang sesuai dengan topik pembicaraan. Anda juga perlu bersikap kritis pada diri sendiri agar semua bumbu penyedap itu membuat pembicaraan jadi menarik, bukan sebaliknya malah kehilangan arah dan menyimpang dari topik pembicaraan.

5. Perlakukan pendengar-pendengar Anda dengan penuh rasa hormat. Bila Anda memancarkan sikap  bersahabat, umumnya mereka akan memberikan respon yang bersahabat juga. Kurang arif kalau Anda mencoba mendongkrak harga diri Anda dengan menganggap mereka sebagai orang yang bodoh atau lebih rendah dari Anda. Sebaliknya, tidak perlu menganggap mereka sebagai orang-orang besar yang membuat Anda merasa kecil.

6. Sesuaikan gaya bicara Anda dengan situasi dan pendengar Anda. Bila Anda sedang bicara kepada sekelompok anak kecil, mungkin mereka tidak akan terganggu bila Anda bicara dengan gaya menggurui. Tapi bila Anda berhadapan dengan orang dewasa, Anda perlu memilih gaya bicara yang tepat dan menghindari cara-cara yang kurang simpatik.

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa perlu kemauan keras  untuk dapat meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Selain itu tak kalah penting adalah memperbanyak ‘jam terbang’  sehingga makin terbiasa tampil di depan publik

Speaker Talent 2013 yang di adakan oleh Marketingcoid menjadi kesempatan berharga bagi para mahasiswa untuk mengasah kemampuannya  dalam berbicara di depan publik.

Masukan dari para juri, yang memang tidak diragukan lagi kemampuannya, dapat menjadi bahan pembelajaran yang sangat berarti, oleh karenanya acara ini sangat direkomendasikan untuk rekan-rekan mahasiswa.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo Daftarkan segera diri kalian di ajang Marketingcoid Speaker Talent 2013 (Rian Purnama Jaya – Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta / @rianpurnamaa).

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top