Portal Lengkap Dunia Marketing

OTOMOTIF

Songsong New Normal, Auto2000 Beri Tips Berkendara yang Aman

Marketing.co.id – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta mulai memasuki masa transisi untuk siap menjalankan tahapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal.

Ilustrasi berkendara aman dengan menggunakan masker dan jaga jarak/ foto istimewa

Di masa transisi ini masyarakat sudah bisa beraktivitas di luar rumah atau berada di tempat umum, seperti bekerja, berbelanja, maupun berkendara. Namun, protokol kesehatan yang ketat akan mengatur masyarakat selama menjalankan aktivitasnya.

Guna mengingatkan kembali hal-hal yang berpengaruh pada keamanan saat berkendara. Auto2000 memberikan tips berkendara supaya perjalanan bersama keluarga tercinta dapat berlangsung lancar dan aman.

Persiapkan Kondisi Kendaraan

Langkah awal ini sangat krusial untuk memastikan mobil tidak memiliki kendala teknis yang bisa merepotkan di jalan, seperti mogok atau bahkan kecelakaan. Tahapan yang dilalui diantaranya mengecek tekanan angin ban, cairan di dalam ruang mesin seperti oli mesin, serta komponen mobil lainnya.

Perhatikan apakah ada ketidakwajaran seperti suara aneh atau lampu indikator di panel instrumen berkedip saat mesin nyala atau ketika AutoFamily mengetesnya berkendara keliling lingkungan rumah.

Gunakan Alat Pengaman Diri

Wajib menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) saat mengemudi mobil di jalan. Walaupun belum ada petunjuk detail saat kondisi new normal kelak diumumkan, yang pasti AutoFamily harus menggunakan masker, termasuk seluruh anggota keluarga yang menjadi penumpang.

Bawa serta hand sanitizer untuk membersihkan tangan dan cairan pembersih mobil atau disinfektan untuk membersihkan bagian mobil yang sering dipegang oleh penumpang.

Patuhi Aturan Physical Distancing

Harus tetap mematuhi aturan physical distancing yang ditetapkan oleh pemerintah. Mengacu aturan PSBB, kapasitas mobil hanya boleh maksimal 50%. Artinya, untuk mobil dengan dua baris bangku seperti Toyota Agya atau Yaris, mobil hanya boleh dinaiki oleh 3 orang, yakni pengemudi dan 2 penumpang di belakang.

Sementara untuk kendaraan dengan 3 baris bangku seperti Toyota Calya atau Innova, hanya boleh dinaiki 4 orang, yakni pengemudi, 2 penumpang di tengah, dan 1 penumpang di baris ketiga.

Jalankan Prinsip Safety Driving

Selalu terapkan prinsip mengemudi aman dan tidak berlaku agresif yang dapat merugikan sesama pengguna jalan. Pastikan pengemudi telah memakai sabuk pengaman atau safety belt sebelum mobil berjalan. Meskipun belum wajib di Indonesia, penumpang di bangku tengah juga bisa mulai memakai sabuk pengaman sebagai tindakan preventif.

Tidak perlu bersikap emosional ketika ada pengguna jalan lain bertindak membahayakan. Selain berpotensi kecelakaan, emosi juga bisa menimbulkan pertengkaran yang merugikan pengemudi maupun keluarga tercinta.

Manfaatkan THS Peduli

Salah satu kunci mengemudi aman di kondisi new normal adalah kondisi kendaraan harus dalam kondisi prima dan layak pakai sehingga tidak membuat repot di jalan. Masalahnya, tidak semua orang mau atau bisa mengecek sendiri kondisi mobilnya.

Sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia, Auto2000 berusaha memberikan kemudahan dan kenyamanan dengan menawarkan layanan THS – Auto2000 Home Service. Saat ini, terdapat program THS Peduli yang memberikan keuntungan ekstra dengan melakukan check-up mobil gratis sekitar 50 item pengecekan hingga tanggal 12 Juni 2020.

“Mobil dalam kondisi prima dan siap beroperasi membuat AutoFamily bisa merasa tenang dan nyaman saat memasuki fase New Normal nanti. Caranya pun mudah, cukup dengan memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service dan manfaatkan program THS Peduli,” kata Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top